http://www.ghiboo.com
Wed, 24 Apr 2013 23:00:00 GMT | By www.ghiboo.com

?Tubuh Seperti Pemain Bola

Health


Photo

(C)www.ghiboo.com

Ghiboo.com - Jangan hanya menjadi penonton dan mendukung tim kesayangan.

Ikuti cara latihan mereka agar Anda menjadi lebih kuat dan fit.

Cara Memiliki Endurance Seperti: Wayne Rooney (Manchester United)
Para komentator sepakbola sering mengatakan kalau Wayne Rooney memiliki 'mesin' yang hebat.

Sebagai pemain depan, Rooney seringkali harus turun ke lini tengah untuk menjemput bola dan kemudian maju lagi untuk menyusun serangan.

Jelaslah bahwa stamina dan kecepatan adalah kunci menjadi pemain depan yang handal. Cara lama yang paling favorit untuk meningkatkan stamina adalah dengan Yo-Yo Test atau lebih dikenal dengan sebutan Bleep Test.

Latihan yang berat, tapi sangat bermanfaat. NASE (National Asssociation of Speed and Explosion) mengatakan bahwa latihan 40 adalah jalan untuk meningkatkan kecepatan stamina.

Maksudnya adalah berlari sprint sebanyak 10 repetisi masing-masing 36,5 meter (40 yard, angka 40 di atas diambil dari jarak 40 yard) dengan waktu istirahat seminimal mungkin setiap repetisinya.

Sebagai contoh, selesaikan satu kali sprint, istirahat 15 detik, dan lanjutkan sprint kedua, istirahat 15 detik. Lanjutkan sampai Anda menyelesaikan 10 repetisi dan catat waktunya. Idealnya, waktu terbaik dan terburuk yang Anda catat tidak berbeda lebih dari 0,3 detik.

Cara Melempar Bola Seperti: Rory Delap (Stoke City)
Tidak seorang pun tahu cara melakukannya lebih dari pemain asal Stoke City ini. Para pengamat dan pecinta Liga Inggris pasti akan setuju, dengan lemparan bola rendah dan sudut yang tepat, lemparan Rory Delap sangatlah mematikan.

Sudut lemparan Delap sekitar 20 derajat, di mana sudut ini memungkinkan bola melaju kencang dan rendah sehingga sulit diantisipasi lawan, namun menjadi umpan yang sangat berbahaya.

Meskipun Delap mengatakan tidak ada latihan khusus untuk melakukan lemparan ini, namun ada beberapa cara untuk orang-orang awam yang tidak memiliki bakat alami seperti Delap.

Tingkatkan kelenturan hip-flexors (pinggul), bagian sekitar perut, lats, dan tulang belakang supaya daya yang dihasilkan dari gerakan melempar itu dapat lebih bertenaga, seperti fungsi katapel.

Beberapa latihan yang dapat Anda lakukan agar memiliki kekuatan lempar yang baik adalah chin-ups, straight- arm pulldowns, dan weighted swiss ball crunches. Bila Anda masih aktif bermain sepakbola, tip latihan di atas akan membantu memperkuat otot-otot Anda agar dapat melempar jauh.

Cara Mendapatkan Tubuh Atas Kuat Seperti: Dirk Kuyt (Liverpool)
Sepakbola adalah olahraga kontak fisik dan setiap pemain depan mengetahui hal ini. Kalau Anda seorang penyerang namun tidak memiliki tubuh yang kuat, maka Anda akan dengan mudah didorong oleh pemain bertahan lawan.

Bagi penyerang klub Liverpool, Dirk Kuyt, hal ini bukan masalah. Membentuk tubuh bagian atas yang kuat akan membantu Anda menahan pemain lawan yang bahkan memiliki kekuatan yang lebih besar, mungkin Anda dapat mendorong lawan menjauhi bola.

Untuk kompetisi Liga Inggris yang cenderung mengutamakan kekuatan fisik, jelas hal ini merupakan salah satu fokus utama. Berikan dua sesi latihan pada bagian tubuh atas Anda dalam satu minggu. Latihan pertama fokuskan pada angkat beban dengan tenaga maksimal (pull-ups atau variasi bench press, lakukan 3-5 repetisi maksimal).

Latihan kedua fokus dengan memperbanyak repetisi latihan untuk mengembangkan otot di mana Anda melakukan variasi latihan pushing dan pulling, dan sekaligus latihan keseimbangan. Bila dilakukan secara rutin, lihat sendiri perbedaan yang akan tubuh Anda dapatkan.

Cara Memiliki Langkah Seperti: Aaron Lennon (Tottenham Hotspurs)
Yang perlu digarisbawahi di sini adalah seorang atlet yang kuat pasti cepat. Aaron Lennon sudah membuktikan bahwa ia merupakan salah satu pemain tercepat di Liga Inggris. Bukan saja di level klub bersama Tottenham Hotspurs, namun kecepatan Aaron juga sudah dirasakan manfaatnya oleh tim nasional Inggris.

Kalau Anda serius ingin meningkatkan kecepatan langkah Anda, yang Anda perlukan adalah mengukur kekuatan relatif Anda (seberapa kuat Anda dengan berat tubuh Anda saat ini).

Faktor penting lainnya adalah seberapa cepat Anda dapat mengeluarkan kekuatan Anda, dalam hal ini ke tanah, untuk menggerakkan berat tubuh Anda (kecepatan dalam memproduksi tenaga). Berdasar tingkat kemampuan Anda, sediakan dua hari untuk melatih tubuh bagian bawah Anda, bagian kaki.

Fokus pada hari pertama adalah meningkatkan kekuatan relatif dengan mengangkat beban semaksimal mungkin, box squats, deadlifts, atau front squats.

Hari kedua lebih fokus untuk melakukan pemindahan beban secepat mungkin, dalam konteks ini beban yang dimaksud adalah tubuh kita, dengan melakukan beberapa variasi lompat ke boks (box jumps), lompat ke samping (broad jumps), dan melakukan melompati rintangan (hurdle hops).

Cara Menjadi Lincah Seperti: Joe Hart (Manchester City)
Sebagai penjaga gawang utama tim nasional Inggris dan Manchester City, Joe Hart memiliki semua persyaratan seorang penjaga gawang tangguh.

Mampu membawa badan dengan lincah dari satu sisi gawang ke sisi lainnya, menyelamatkan gawang, merebut bola dari lawan, dan menembus kerumunan pemain untuk menangkap bola yang diumpan dari sudut lapangan adalah kegiatan sehari-hari penjaga gawang Premiership. Kelincahan adalah kuncinya.

Untuk membuat hal ini terlihat mudah saat di lapangan, syaratnya harus kerja keras sebelum terjun ke lapangan. Stamina, mobilitas sambungan tulang, keluwesan otot, dan tenaga besar sangat penting.

Lompatan melebar dan squat satu kaki akan memberi Anda kemampuan untuk melakukan diving, terentang, melepaskan satu atau dua kaki untuk menyelamatkan gawang. Push-ups dan spiderman crawls akan membantu Anda cepat berdiri lagi dengan kedua kaki saat berada di tanah.

Melatih reaksi dengan menggunakan anak tangga (untuk merangsang urat saraf), dan latihan sebuah bola dan seorang partner dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk menjadi penyelamat gawang. (ins)


(Fitness for Men Indonesia edisi September 2011)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

Berita Sehat dan Bugar lain

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Pergi subuh pulang malam, sudah menjadi rutinitas masyarakat urban. Tapi, kesibukan beraktivitas tak menghalangi sebagian masyarakat untuk tetap bisa menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolahraga. Tak heran bila kini nge...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Saat bercinta dengan pasangan, tiba-tiba istri mengeluarkan air seni bersamaan dengan datangnya orgasme.Mengapa ya hal ini bisa terjadi? Apakah itu normal? Berikut jawaban dari Dr. Febriansyah Darus, SpOG.Saat wanita men...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Menurut Lisa Shives, M.D, seorang sleep specialist, saat Anda tidak bisa tidur, "your mind always turning on itself."Agar pikiran tak terus-menerus teraktivitasi di malam hari, coba jawab 12 pertanyaan berikut ini.7. Kap...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasanya tak ada yang lebih menyebalkan daripada rencana yang buyar lantaran hal sepele.Besok, Anda ingin tampil maksimal saat meeting, makanya Anda telah memersiakan segala detail materi rapat, memilih work clothes yang ...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasa lelah pasti akan dirasakan saat kita melakukan sebuah pekerjaan yang menyita pikiran dan tenaga. Jika Anda masih merasa selalu lelah dan merasa kondisi ini agak tidak normal, sebaiknya mulai waspada.Kami sarankan un...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft