http://www.ghiboo.com
Tue, 10 Jul 2012 23:00:08 GMT | By www.ghiboo.com

Menguak Bahaya Terapi Lilin di Telinga

Health


Photo

Ghiboo.com - Salon kecantikan kini dibanjiri pasien untuk mendapatkan terapi ear candling. Pernah dengar ear candling kan? Ear candling atau perawatan lilin sering dianggap dapat merawat sekaligus membersihkan kotoran dan polutan yang terakumulasi di dalam telinga.

Ear candling tak hanya dianggap bisa memberikan efek relaksasi dan membersihkan serumen, yaitu kotoran telinga. Bahkan, berbagai penyakit diyakini dapat disembuhkan melalui metode ini, antara lain migrain, vertigo, sinusitus, insomnia dan berkurangnya pendengaran.

Namun, kebenaran khasiat ear candling dibantah oleh dr. Sosialisman, Sp.THT(K) di RS Khusus THT-Bedah Ciranjang, Jakarta. Menurut dokter yang juga merupakan Ketua Kelompok Studi Otologi PP.Perhati-KL menyatakan, "Khasiat ear candling tidak terbukti dari sisi medis. Kalaupun untuk menarik serumen bukan seperti itu caranya."

Serumen kerap disebut ear wax, merupakan substansi alami di dalam lubang telinga yang konsistensinya biasanya lunak, ada pula yang padat. Hal ini dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Serumen dihasilkan di sepertiga liang telinga bagian luar. Liang telinga bagian ini juga ditumbuhi oleh rambut-rambut halus untuk menghambat kotoran yang masuk. Sepertiga bagian luar dari lubang telinga memang mengandung kelenjar penghasil serumen.

"Namun, perlu digarisbawahi bahwa serumen tidak dimaksudkan sebagai pengganggu, justru sebagai bentuk proteksi terhadap benda-benda asing yang akan masuk ke dalam telinga," tambahnya.

Hal ini diaminkan pula oleh dr. Soekirman Sukin, Sp.THT-KL(K), M.Kes, dokter spesialis THT-Bedah Kepala Leher RS Khusus THT-Bedah Proklamasi, Jakarta, "Serumen tidak mungkin tertarik keluar hanya dengan bermodalkan panas yang keluar dari lilin. Perlu dilakukan pengambilan secara manual hanya dengan bantuan dokter THT."

Dokter sekaligus Wakil Ketua Komite Nasional Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian Telinga ini menambahkan efek samping yang akan timbul dapat berupa iritasi daerah liang telinga bahkan dapat memunculkan infeksi yang lebih membahayakan.

"Asap yang keluar dari hasil pembakaran ear candle selama di telinga pun akan masuk hingga ke telinga bagian tengah maupun dalam, hanya bekerja di daerah telinga luar, jadi tak akan mungkin dapat menyembuhkan berbagai penyakit serius," jelasnya.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

Berita Sehat dan Bugar lain

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Pergi subuh pulang malam, sudah menjadi rutinitas masyarakat urban. Tapi, kesibukan beraktivitas tak menghalangi sebagian masyarakat untuk tetap bisa menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolahraga. Tak heran bila kini nge...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Saat bercinta dengan pasangan, tiba-tiba istri mengeluarkan air seni bersamaan dengan datangnya orgasme.Mengapa ya hal ini bisa terjadi? Apakah itu normal? Berikut jawaban dari Dr. Febriansyah Darus, SpOG.Saat wanita men...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Menurut Lisa Shives, M.D, seorang sleep specialist, saat Anda tidak bisa tidur, "your mind always turning on itself."Agar pikiran tak terus-menerus teraktivitasi di malam hari, coba jawab 12 pertanyaan berikut ini.7. Kap...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasanya tak ada yang lebih menyebalkan daripada rencana yang buyar lantaran hal sepele.Besok, Anda ingin tampil maksimal saat meeting, makanya Anda telah memersiakan segala detail materi rapat, memilih work clothes yang ...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasa lelah pasti akan dirasakan saat kita melakukan sebuah pekerjaan yang menyita pikiran dan tenaga. Jika Anda masih merasa selalu lelah dan merasa kondisi ini agak tidak normal, sebaiknya mulai waspada.Kami sarankan un...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft