http://www.ghiboo.com
Sun, 09 Sep 2012 21:30:00 GMT | By www.ghiboo.com

Mengapa Harus Fitness? (Habis)

Health


Photo

Ghiboo.com - Banyak orang mengira, fitness hanya sekedar membentuk tubuh dan mendapatkan kebugaran. Sayangnya, pemikiran itu terlalu sempit.

9. Fitness membuat Anda lebih bahagia
Ini mungkin tidak akan terasa ketika Anda sedang berlatih keras, tapi latihan benar benar dapat membuat Anda lebih bersemangat. Euforia dari latihan, yang disebut dengan "runner high", ditemukan oleh Cooper dari Cooper Institute. Dia mengutip kasus seorang pria yang patah semangat sehingga memutuskan untuk bunuh diri.

Karena jantungnya lemah, dia berpikir satu-satunya jalan untuk melakukan bunuh diri tanpa mengganggu keluarganya adalah berlari mengelilingi blok secepat-cepatnya sampai ia meninggal. Setelah beberapa kali gagal, dia terkejut bahwa dia mulai merasa lebih baik dan akhirnya tidak jadi bunuh diri. Konyol? Tentu tidak.

"Sepuluh bulan latihan menghasilkan antidepresan penting dalam meringankan beban pada orang dewasa yang mengalami depresi," kata James Blumenthal, profesor psikologi medis di Duke University, AS. Penelitian yang ia lakukan menemukan fakta bahwa 30 menit latihan erobik tiga kali seminggu mengurangi gejala depresi sebesar 50 persen.

10. Fitness menjadikan olahraga Anda lebih baik
Semua orang pasti setuju bahwa latihan rutin akan menjadikan Anda lebih baik dalam olahraga, tapi sejauh mana? Menurut Per-Olaf Astrand, orang yang sering disebut sebagai salah satu penemu fisiologi latihan, asupan oksigen maksimal dapat ditingkatkan sampai 20 persen. Tapi sayang, penelitiannya tidak menyebutkan bahwa mengendalikan cross-field pass di penghalang taman berlumpur juga akan meningkat 20 persen asupan oksigen maksimal.

11. Fitness dapat mengobati penyakit
Faktanya, fitnes adalah pil ajaib, menurut ilmuan di Harvard School of Public Health (HSPH). Ini membantu mencegah penyakit jantung, stroke, diabetes, obesitas,dan 12 jenis kanker, termasuk colorectal, pankreas, dan prostat.

"Latihan adalah obat mujarab yang memiliki banyak manfaat," kata profesor Frank Hu. Kita tidak yakin dengan obat yang memiliki manfaat kuat dan universal untuk diri kita, pikiran, tapi Hu tahu bahwa fitnes adalah obatnya.

12. Fitness membuat Anda lebih atraktif
Kita bukan menjadi seorang fasis tubuh di sini. Namun seseorang yang teratur berolahraga, akan merasa lebih atraktif, menurut senior peneliti Universitas Arkansas. Bahkan pria ini akan merasa jauh lebih menarik daripada pasangan wanitanya. Jadi jika berat badan Anda turun dan merasa lebih bahagia dan percaya diri, maka Anda akan lebih atraktif terhadap lawan jenis Anda. Dengan sedikit keberuntungan, Anda juga harus membuktikan kepada diri Anda bahwa poin pertama di atas tidak bohong. (In)


(Majalah Men's Fitness Indonesia, edisi Mei 2011)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

Berita Sehat dan Bugar lain

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Pergi subuh pulang malam, sudah menjadi rutinitas masyarakat urban. Tapi, kesibukan beraktivitas tak menghalangi sebagian masyarakat untuk tetap bisa menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolahraga. Tak heran bila kini nge...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Saat bercinta dengan pasangan, tiba-tiba istri mengeluarkan air seni bersamaan dengan datangnya orgasme.Mengapa ya hal ini bisa terjadi? Apakah itu normal? Berikut jawaban dari Dr. Febriansyah Darus, SpOG.Saat wanita men...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Menurut Lisa Shives, M.D, seorang sleep specialist, saat Anda tidak bisa tidur, "your mind always turning on itself."Agar pikiran tak terus-menerus teraktivitasi di malam hari, coba jawab 12 pertanyaan berikut ini.7. Kap...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasanya tak ada yang lebih menyebalkan daripada rencana yang buyar lantaran hal sepele.Besok, Anda ingin tampil maksimal saat meeting, makanya Anda telah memersiakan segala detail materi rapat, memilih work clothes yang ...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasa lelah pasti akan dirasakan saat kita melakukan sebuah pekerjaan yang menyita pikiran dan tenaga. Jika Anda masih merasa selalu lelah dan merasa kondisi ini agak tidak normal, sebaiknya mulai waspada.Kami sarankan un...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft