BeritaSatu Logo
Updated: Sun, 23 Sep 2012 19:09:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal features

Ragam Terapi Totok: Dari Wajah Hingga Alat Vital



Berita Satu

BERITASATU.COM - Bisa bikin awet muda dan bentuk tubuh jadi ideal, juga mampu mengembalikan kepuasan hubungan pasutri dan menyembuhkan berbagai keluhan.

Ada banyak macam terapi totok, mulai dari totok wajah, telinga, payudara, perut hingga alat vital.

Semua jenis totok ini, bila lakukan secara tepat oleh terapis berpengalaman dengan latar belakang pendidikan totok, tak hanya bermanfaat untuk perawatan kecantikan, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tapi juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Ingin tahu terapi totok apa saja yang dapat dilakukan, dan apa pula manfaatnya? Berikut penjelasan dari dr Indrawati Setyono dari Aura Chake Beauty Center.

Totok Wajah

Totok wajah merupakan totok yang paling banyak dilakukan orang. Terapi ini bermanfaat untuk menghilangkan kerutan, menyamarkan kantong mata, dan membuat kulit cemerlang atau berseri. Titik-titik yang ditekan untuk penotokan ini meliputi garis bibir, sekitar kantong mata, dagu, dan sisi atas sudut bibir.

Bila penotokan ini dilakukan oleh ahli totok, biasanya sekali totok sudah terlihat hasilnya. Untuk hasil maksimal, dr Indrawati menjelaskan, biasanya memerlukan 1-5 sesi dengan frekuensi 2-3 hari sekali.

Totok Telinga

Walaupun hasilnya lebih lambat ketimbang akupuntur, totok telinga bisa menurunkan berat badan (melangsingkan) tubuh. Titik yang ditekan, kata dr Indrawati, meliputi di bagian belakang telinga, cuping kecil, dan di depan lubang telinga (hungry point dan thirsty point).

Penekanan pada titik-titik ini untuk mengurangi rasa lapar dan haus. “Terapi totok akan lebih efektif bila diimbangi dengan olahraga atau program diet yang sudah diatur oleh ahli gizi Anda,” ujar imbuhnya.

Totok Payudara

Untuk pembesaran, kata dr Indrawati, memerlukan waktu yang lama dan bisa berpuluh-puluh sesi terapi. Untik titik yang ditotok, lanjut dia, sekitar 4 jari di atas puting. Sedangkan untuk program pengencangan payudara, terapi totok bisa lebih cepat hasil yang dirasakan. Untuk pengencangan ini, titik yang ditotok meliputi di pertengahan dua payudara dan titik yang lokasinya sekitar 4 jari ke atas puting -- letaknya menyilang di payudara kanan dan kiri.

Totok Vagina

Meski namanya totok vagina, tapi terapi atau penekanan titik bukan pada vagina, melainkan pada titik di perut. Terapi totok ini, menurut dr Indrawati, berguna untuk menambah elastisitas dan ‘remasan' otot-otot vagina Anda. Untuk menambah daya remas vagina, bisa juga ditambahkan dengan totok di suatu titik di telapak kaki. Selain itu, terapi jenis ini juga dapat membantu menyembuhkan keputihan dan kista.

Totok Peredaran Darah

Terapi totok ini dilakukan pada seluruh tubuh untuk tujuan menghilangkan capek atau lelah. dr Indrawati Setyono menjelaskan, titik-titik yang ditotok untuk tujuan ini adalah sebagai berikut:

1. Titik he ku (di telapak tangan, pertengahan antara ibu jari dan jari telunjuk).

Titik ini merupakan pusat peredaran darah dan metabolisme seluruh tubuh. Sakit apa pun bila ditekan di titik ini, bisa membaik.

2. Titik ci ce (di siku bagian luar).

Totok di bagian ini biasanya dilakukan jika ada kelainan di lambung, perut, atau rahim.

3. Titik cu san li (di kaki, sisi kanan-kini di bawah lutut).

Penekanan pada titik ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, terutama keseimbangan hormonal.

4. Titik di punggung

Bila kondisi pasien sangat lemah, maka diambil titik di punggung yang berhubungan dengan sumsum tulang belakang. Namun meski tubuh akan langsung terasa membaik setelah ditotok, Anda jangan setiap hari melakukan terapi di titik ini. Mengapa? Karena tubuh memerlukan waktu untuk menyerap ci (energi) yang masuk. dr Indrawati menyarankan, cukup seminggu sekali melakukan totok di titik tersebut.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba?

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft