BeritaSatu Logo
Updated: Wed, 05 Sep 2012 17:09:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal features

Pelihara Kucing Tingkatkan Risiko Penyakit Serius



Berita Satu

BERITASATU.COM - Bisa menyebabkan bayi cacat lahir, kebutaan dan demensia.

Para ahli dari Inggris mengungkapkan, bahwa memelihara kucing menimbulkan risiko penyakit serius bahkan kematian bagi manusia.

Di Inggris sendiri, ribuan orang setiap harinya terinfeksi parasit toksoplasma yang dibawa oleh kucing yang mengakibatkan 70 ribu orang sakit setiap tahunnya.

Pada ibu hamil, parasit tersebut berdampak lebih kuat, seperti mengakibatkan keguguran maupun gangguan pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Richard Holliman dari Rumah Sakit St George di London mengatakan, toksoplasma memang bisa menimbulkan risiko serius bagi bayi dalam kandungan.

"Seorang anak yang lahir dengan toksoplasma bisa mengalami cacat bawaan," imbuhnya.

Cacat bawaan ini bisa dalam bentuk kelainan pada saraf, mata serta kelainan sistemik seperti pucat, kuning, demam, pembesaran hati dan limpa atau perdarahan.

Pada orang yang lebih dewasa, parasit ini bisa menyebabkan demensia yang dikaitkan dengan penyakit seperti skizofrenia dan gangguan psikotik lainnya. Bahkan sebuah penelitian di Denmark menemukan, bahwa perempuan yang memiliki kucing bisa berisiko bunuh diri.

Penelitian yang dilakukan oleh Food Standards Agency di Inggris, melaporkan, toksoplasma dapat ditansfer ke manusia bila mereka mengonsumsi makanan yang terkontaminasi parasit tersebut.

Penelitian tersebut menunjukkan, bahwa beberapa domba yang terkena parasit toksoplasma setelah kontak dengan kotoran kucing, dapat menginfeksi manusia. Ini bisa terjadi bila domba tersebut dimasak tak sempurna (setengah matang).

Selain itu, manusia juga berisiko mengonsumsi makanan atau air yang telah terkontaminasi oleh kotoran kucing.

Mengerikan memang dampak toksoplasma ini.

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft