BeritaSatu Logo
Updated: Tue, 06 Nov 2012 11:11:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal features

11 Penyebab Seseorang Susah Tidur



Berita Satu

BERITASATU.COM - Mengetahui penyebab Anda sulit tidur dapat membantu Anda mencari solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Apakah Anda sudah melakukan berbagai upaya agar bisa tidur nyenyak, tapi belum membuahkan hasil?

Bisa jadi penyebabnya ada dalam daftar sebelas penyebab kesulitan tidur seperti dilansir Huffington Post, Selasa (6/11).

Kedinginan 


Saraf yang mengontrol aliran darah pada perempuan lebih sensitif dibandingkan pada lelaki. Itulah sebabnya, biasanya perempuan lebih mudah merasa dingin dibandingkan dengan laki-laki. Ketika suhu tubuh menurun, mereka akan kesulitan untuk tidur. Oleh karena itu, jika Anda salah satu orang yang mudah kedinginan sebaiknya menyediakan kaus kaki atau botol air panas untuk menghangatkan kaki dan tangan.

Posisi Anda Menyebabkan Panggul Miring


Posisi yang membuat panggul bengkok tidak hanya membuat Anda sulit tidur, tetapi juga dapat menyebabkan nyeri pada lutut. Bila posisi tersebut merupakan posisi tidur favorit Anda, sebaiknya letakkan bantal kecil di antara kaki.

Masalah Dengan Tidur Anda 


Gunakan tempat tidur yang cukup besar untuk Anda dan yang terbuat dari bahan yang baik. Ukuran kasur yang terlalu kecil dan bahan yang tidak sesuai akan membuat Anda sulit untuk tidur dan bangun dengan keadaan tubuh yang tidak nyaman. Jika Anda sering terbangun dengan nyeri punggung dan pusing, itu bisa jadi masalahnya terletak pada tempat tidur Anda yang tidak pas.

Bantal yang Terlalu Tebal 


Bantal yang terlalu tebal dan lembut memberikan jarak antara leher dan kasur. Seringkali ini menyebabkan cedera pada leher. Posisi yang baik untuk tidur adalah sama seperti ketika Anda sedang berdiri. Jadi sebaiknya, pilih bantal yang tipis dan tidak terlalu lembut.

Tidur dengan Televisi

Televisi bisa membantu Anda untuk tidur. Tapi begitu Anda tidur, televisi justru dapat mengganggu ketenangan Anda. Sebuah perubahan kecil dalam nada atau suara di televisi dapat mengganggu tidur Anda. Jadi sebaiknya, matikan televisi ketika Anda mulai mengantuk.

Bernapas Melalui Mulut

Cara yang paling optimal untuk bernapas adalah melalui hidung. Di hidung, udara dingin yang masuk ke dalam tubuh dihangatkan dan disaring. Sementara itu, saat bernapas melalui mulut, udara tetap dingin dan tanpa filter. Kebiasaan bernapas melalui mulut juga membuat Anda sering mengalami kesulitan tidur dan organ pernapasan jadi abnormal. Oleh karena itu, biasakan bernapas melalui hidung. Kalaupun hidung Anda sedang pilek sehingga kesulitan bernapas melalui hidung, segera berobat ke dokter.

Kasur Tidak Bersih


Kutu, bakteri, dan debu (tungau) juga dapat mengganggu tidur Anda. Pada malam hari, mereka dapat menyebabkan asma dan alergi. Selain itu, binatang-binatang kecil itu juga menyebabkan sakit tenggorokan dan mata merah. Karenanya, pastikan Anda membersihkan tempat tidur dari debu, bakteri, tungau atau kutu sebelum tidur.

Alergi Hewan Peliharaan 


Seperti debu dan hama, kadang-kadang hewan juga dapat mengganggu tidur, terutama jika Anda memiliki alergi. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa sekitar 17 persen perempuan mengaku terbangun pada malam hari karena hewan peliharaan mereka. Belum lagi jika hewan peliharaan Anda mendengkur, melompat-lompat di tempat tidur, atau saat mereka menjilat-jilat. Jika Anda tidak bisa membuatnya tenang di kamar tidur, sebaiknya hewan peliharaan tersebut dikeluarkan dari kamar agar tak mengganggu tidur Anda.

Berkeringat di Malam Hari


Ini bisa terjadi pada orang yang kepanasan karena suhu ruangan yang tinggi, pada perempuan memasuki masa menopause ata selama menopause, menjelang menstruasi, atau karena obat-obatan tertentu. Diabetes dan gejala depresi juga dapat menyebabkan Anda berkeringat di malam hari. Untuk mengatasi hal ini Anda perlu mengenakan pakaian tidur berbahan katun yang menyerap keringat. Selain itu, Anda juga dapat menyalakan pendingin ruangan dengan suhu yang membuat tubuh Anda merasa nyaman saat tidur.

Konsumsi Kafein

Beberapa obat seperti pil asma juga mengandung kafein. Begitu juga beberapa obat untuk depresi, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan tersebut, tak heran bila Anda akan sulit tidur.

Lampu Terang


Kegelapan membantu tubuh melepaskan hormon melatonin, yang sangat efektif untuk membuat Anda tertidur. Bahkan cahaya terkecil dapat membuat tingkat melatonin menurun. Jadi, agar tidur Anda nyenyak, matikan lampu 30 menit sebelum Anda tidur. tak hanya itu, anda juga perlu mematikan semua perangkat elektronik, termasuk komputer dan ponsel. Namun bila Anda tidak bisa tidur dalam gelap, Anda bisa menggunakan lampu merah kecil.

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft