Bisnis Indonesia Health & Beauty News Feed
Updated: Tue, 08 Jan 2013 17:00:07 GMT | By Bisnis Indonesia Health & Beauty News Feed

SUNTIKAN BOTOX: Ini Efek Negatif Penggunaannya



Berita Satu

BANDUNG: Suntikan Botox adalah prosedur kecantikan yang sudah umum digunakan untuk mengurangi munculnya keriput, agar kulit terlihat lebih muda.

Botox terbuat dari konsentrasi rendah Toksin Botulinum tipe A, toksin bakteri yang sama dapat menyebabkan botulisme.

Meskipun suntikan Botox biasanya aman bila digunakan dengan benar, tetapi tetap saja ada beberapa resiko terkait penggunaannya. Ini beberapa risiko yang ditimbulkan botox, seperti dikutip Livestrong:

* Botulisme

Karena Botox berasal dari sel-sel bakteri yang sama yang dapat menyebabkan botulisme, penyakit mematikan, ada beberapa risiko pengembangkan kondisi jika suntikan tidak diberikan dengan dosis yang tepat.

Tanda dan gejala botulisme diantaranya kelemahan otot, lemas, penglihatan kabur atau ganda, kehilangan kontrol kandung kemih dan suara serak. Untuk mencegah komplikasi serius, Mayo Clinic merekomendasikan Botox hanya disuntikkan oleh dokter berlisensi yang memiliki pengalaman dengan pengobatan Botox.

* Terganggunya Pernapasan

Efek samping lain yang jarang namun berpotensi mengancam nyawa yaitu Botox bisa berkembang menjadi penyebab terganggunya pernapasan atau menelan.

Dalam kasus yang parah, kondisi ini bisa berakibat fatal. Efek ini mungkin terjadi bila seseorang yang sudah memiliki masalah dengan menelan atau bernapas, dan menjadi sangat penting untuk sepenuhnya membahas potensi risiko suntikan Botox dengan dokter Anda sebelum melanjutkan perawatan ini.

* Efek Samping Lain

Banyak orang tidak akan mengalami efek samping sebagai akibat dari suntikan Botox. Namun, suntikan memang memiliki beberapa efek samping yang sudah umum, termasuk rasa sakit dan iritasi di tempat suntikan, sakit kepala, efek sementara dari turunnyai otot-otot wajah atau kelemahan dari otot-otot wajah, mual dan gejala seperti flu.

Efek samping ini bersifat sementara dan biasanya akan sembuh dalam satu atau dua hari atau selama menerima suntikan. (Foto: Marcusmedicalspa/livestrong/K28/ajz)

0Komentar

video lifestyle

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft