BeritaSatu Logo
Updated: Sun, 23 Sep 2012 17:09:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal news

Aktivis Bali Bagikan Kondom di Kawasan Prostitusi



Berita Satu

BERITASATU.COM - Aksi tersebut dilakukan untuk menggugah para mucikari dan PSK untuk menekan laju epidemi HIV.

Aktivis peduli HIV-AIDS dari Yayasan Kerti Praja Bali, membagikan kondom dan bunga kepada para pelanggan pekerja seks di kawasan transaksi seks Padanggalak, wilayah Sanur, Denpasar.

"Kami ingin menggugah tanggung jawab dan motivasi para mucikari dalam upaya menekan laju epidemi HIV di Bali," kata Pendiri Yayasan Kerti Praja, D.N Wirawan, Minggu (23/9) malam.

Menurut dia, selain bagi pelanggan, pembagian alat kontrasepsi itu juga untuk menggugah wanita pekerja seks agar lebih memotivasi dan sering menawarkan kondom kepada pelanggannya.

Sedikitnya 25 orang aktivis dan ditambah aktivis peduli AIDS di Pulau Dewata bergerak menuju kawasan itu sekitar pukul 19.00 WITA dan langsung menuju barak-barak pelacuran itu.

Didampingi mucikari, dan pendamping lokal dari yayasan, mereka menawarkan kondom kepada para pelanggan.

"Usaha itu adalah salah satu aksi yang dilakukan agar para pelanggan menyadari betapa pentingnya penggunaan kondom untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus HIV," tambah Wirawan.

Aktivis yang telah bergelut dalam penanggulangan HIV/AIDS sejak 15 tahun itu menambahkan, bahwa pemakaian kondom di kalangan pelanggan pekerja seks masih belum bisa ditingkatkan.

"Meskipun telah dilakukan edukasi oleh beberapa lembaga swadaya masyarakat, namun belum ada peningkatan, melalui aksi ini kami harap peningkatan penggunaan kondom bisa dilakukan," imbuhnya.

Sementara itu salah seorang wanita pekerja seks, Yuli mengatakan bahwa sebelumnya dirinya telah dilengkapi dengan kondom, begitu pula dengan rekan lainnya.

Wanita asal Malang, Jawa Timur yang telah delapan tahun menjadi PSK itu menambahkan meskipun dilengkapi alat kontrasepsi berupa kondom namun beberapa pelanggannya kerap menolak menggunakannya.

"Kalau pelanggan menolak, saya juga akan tolak. Saya tidak mau tanpa ada kondom," katanya.

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft