okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 24 Apr 2013 09:06:16 GMT | By fyulianti, okezone.com

Tips Pakai Wajan Agar Awet Lama



Tips Pakai Wajan Agar Awet Lama

MENGABAIKAN petunjuk penggunaan peralatan dapur dan terlalu memaksakan penggunaannya justru bisa merusak. Hasil masakan juga tidak akan seoptimal yang Anda harapkan.

Hindari kesalahan-kesalahan berikut untuk menjaga peralatan dapur dalam kondisi prima dan memaksimalkan kinerjanya, seperti diulas About:

Menggunakan cooking spray pada wajan antilengket

Kebanyakan resep meminta Anda menyemprotkan cooking spray pada panci atau wajan untuk mencegah makanan menempel. Bahan kimia lesitin yang terdapat pada cooking spray dapat merusak desain wajan, mengubah warna, dan membuat lapisan yang lengket.

Jika Anda membutuhkan sedikit pelumas, sebaiknya gunakan sedikit mentega atau minyak zaitun. Selalu gunakan peralatan masak teflon di atas api sedang atau rendah. Jika panasnya lebih tinggi, dampaknya merusak lapisan teflon dan sebagian orang percaya bahwa hal itu dapat menghasilkan bahan kimia yang berpotensi bersifat racun.

Mengisi makanan terlalu penuh pada blender atau food processor

Perhatikan tanda garis batas pengisian. Atau, baca pedoman penggunaan manual pada buku petunjuk tentang jumlah maksimum yang boleh dimasukkan ke dalam gelas blender atau mangkuk food processor.

Jika melewati dari yang seharusnya, proses penghalusan tidak mungkin bisa maksimal dalam menghaluskan bahan makanan, juga risiko terjadi bocor atau tumpah berantakan. Jika jumlah makanan yang mau dihaluskan banyak, lebih bagi proses beberapa kali.

Tidak memanaskan wajan

Bila Anda menggunakan wajan stainless steel tanpa lapisan antilengket, panaskan dengan menuangkan sedikit minyak goreng selama beberapa menit sebelum Anda memasukkan daging atau sayuran. Tindakan memanaskan wajan akan membuka "pori-pori" wajan, memungkinkan minyak melembutkan panci, mencegah lengket pada permukaan wajan.

Dengan mengoleskan minyak terlebih dulu, makanan akan kecoklatan tanpa melengket pada wajan. Jika minyak telah cukup panas, maka makanan akan mendesis, artinya siap untuk digoreng.

Wajan terlalu padat dengan makanan

Saat menumis, ketika Anda memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam wajan, akan menyebabkan seperti makanan kukus. Hasilnya, masakan tidak akan kecoklatan dan tekstur tidak akan renyah serta mungkin tidak karamel. Gunakan wajan besar jika sedang memasak dalam jumlah banyak, atau lakukan proses memasak beberapa kali jika tidak ada wajan yang cocok digunakan.

Tidak membaca petunjuk manual

Dibandingkan semuanya, yang terpenting adalah baca informasi serta petunjuk penggunaan peralatan dapur Anda. Ini akan memberi informasi berharga kepada Anda tentang cara terbaik menggunakan dan merawat peralatan rumah tangga.

Anda bisa juga menambah pengetahuan dengan membaca tips, bagian-bagian dari alat yang Anda beli, dan fungsinya. Simpan dengan baik semua petunjuk manual dalam satu folder sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya jika diperlukan.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft