okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 19 Jun 2012 09:20:03 GMT | By fyulianti, okezone.com

Tips Hemat Belanja Bahan Makanan



Tips Hemat Belanja Bahan Makanan

BAHAN makanan merupakan hal utama dalam aktivitas memasak. Anda perlu memiliki pasokan bahan makanan yang sempurna untuk bisa mengonsumsi menu sempurna.

Perubahan cuaca yang tiba-tiba menjadi saran untuk kita menyimpan persediaan bahan makanan di rumah. Sayang, sebagian kita masih menemui kesulitan ketika belanja di swalayan ataupun pasar tradisional sehingga membeli banyak bahan makanan tidak berguna.

Untuk menghindari hal tersebut, simak beberapa tips berbelanja, seperti dilansir Boldsky:

Memiliki daftar

Sebelum membeli bahan makanan, buatlah daftar belanjaan yang dibutuhkan. Mungkin saja kita hanya ingin membeli garam dan beras, tetapi kenyataannya, kita akan tergoda ketika melihat barang-barang yang bagus. Jadi, ikuti apa yang tercantum dalam daftar belanja.

Pikirkan kebutuhan lebih banyak orang

Anda mungkin membeli sereal, padahal keluarga tidak menyukainya. Tidak ada gunanya membeli makanan yang hanya disukai satu orang. Jika bujet belanja pas-pasan, cerdaslah membeli bahan makanan. Pikirkan kepentingan semua anggota keluarga yang jauh lebih penting.

Siapkan anggaran

Anda tidak mungkin menghabiskan uang seperti air mengalir, jadi siapkan anggaran untuk belanja. Lakukan aktivitas belanja bahan makanan secara mingguan. Jika merasa nyaman dengan belanja bulanan, berhati-hatilah pada jumlah bahan makanan yang diperlukan.

Perhatikan masa penyimpanan

Ada beberapa item yang dapat disimpan lama, seperti beras, rempah-rempah, pasta, dan sebagainya. Namun ketika melihat penawaran lebih murah dan akhirnya membeli barang yang tidak diperlukan, apa yang terjadi? Padahal, bahan tersebut hanya bisa digunakan untuk beberapa kali memasak. Menyimpan beberapa bahan makanan tak diperlukan bisa boros, lalu tanpa sadar kedaluwarsa. Cermatlah dalam memerhitungkan masa penyimpanan bahan makanan.

Periksa bahan-bahan

Makanan yang sedikit bisa menggoda Anda untuk mencobanya, lakukan pengecekan harga sebelum membeli. Bila tidak, Anda hanya akan merugi.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft