okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 21 May 2012 11:09:31 GMT | By fyulianti, okezone.com

Steak Matang, Baiknya Daging Tak Langsung Dipotong



Steak Matang, Baiknya Daging Tak Langsung Dipotong

KETIKA memanggang daging, ada baiknya daging tidak segera dipotong ketika telah matang. Apa pasal?

"Kalau daging matang, khususnya pada steak, jangan langsung dipotong. Biarkan beberapa saat untuk resting (proses pengistirahatan-red) supaya juicy-nya merata keseluruh daging," ucap Chef Stefu Santoso dari Amuz Gourmet Restaurant, kepada Okezone di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Proses pengistirahatan tergantung pada ketebalan daging yang diolah. Sebagai contoh, daging seberat 200 gram memerlukan waktu rehat hanya tiga menit. Menurut Chef Stefu, proses rehat tidak perlu lama. Jika dibiarkan terlalu lama, daging akan dingin dan tidak lagi nikmat saat disantap, salah satunya lemak daging akan menempel di langit-langit mulut.

Chef Stefu mengatakan, proses pengistirahatan daging seusai diolah akan membuat aroma dan rasanya lebih lezat ketimbang daging langsung dipotong setelah matang. "Setelah didiamkan beberapa menit, baru dipotong sehingga tidak kehilangan juicy. Proses resting sangat penting karena juicy daging akan terjaga, juga taste dan aromanya," tambahnya.

Tak hanya itu, tekstur daging pun berpengaruh bila daging diistirahatkan. Meskipun terlihat berair, tetap ini hanyalah bagian luarnya. "Fungsi utama resting lebih pada itu. Daging empuk atau tidak, itu dari daging sedangkan cita rasa lebih pada bagaimana Anda memasaknya," tutupnya.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft