okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 24 Dec 2012 06:52:03 GMT | By fyulianti, okezone.com

Serba-serbi Olahan Jahe nan Menyegarkan



Serba-serbi Olahan Jahe nan Menyegarkan

TANAMAN jahe sangat populer di Indonesia sebagai bumbu masakan, jamu, ataupun minuman hangat. Ternyata, olahan jahe tidak sebatas jahe segar dan jahe bubuk.

Jahe bubuk yang Anda ketahui mungkin sebatas pada kemasan praktis untuk minuman kesehatan. Namun, sebenarnya jahe juga dijual dalam bentuk bubuk, seperti lada dan ketumbar. Ini dia beberapa jenis produk jahe yang perlu Anda ketahui, seperti diulas Recipetips.

Jahe segar

Jahe segar dapat dibeli saat muda atau matang. Jahe muda sering disebut sebagai semi jahe, mirip dengan keju muda. Aroma dan rasanya ringan sedangkan kulit luar dan dagingnya bertekstur lembut. Sementara, jahe matang bertekstur agak keras, aroma tajam juga pedas.

Jahe kering

Bentuk bubuk jahe kering sangat populer di Eropa dan Amerika Serikat sebagai penyedap untuk sajian salad, permen panggang, sup, kari, daging, dan makanan penutup, seperti roti jahe dan kue kering jahe. Jahe kering memang cocok digunakan sebagai penyedap makanan, tetapi jenis ini tidak bisa menggantikan penggunaan jahe segar dalam sebuah resep.

Jahe kering dapat disimpan pada suhu ruangan yang jauh dari cahaya dan panas. Dengan cara ini, daya tahan mencapai 6-7 bulan sebelum rasa dan aromanya mulai berkurang. Jahe kering yang masih bagus ditandai dengan aromanya yang pedas.

Jus jahe

Jus jahe berbentuk cair dan mudah ditakar sehingga sering digunakan dalam memasak dan memanggang kue. Sajian yang sering menggunakan jus jahe, yaitu bumbu-bumbu perendam daging, saus panggang, salad, gorengan, daging, ikan, unggas, sup, dan minuman seperti teh ataupun minuman buah.

Jus jahe bisa sebagai pengganti jahe segar ataupun jahe kering. Jus jahe dapat pula digantikan dengan jahe bubuk kering; 1 sendok makan jus sama dengan 1 sendok makan jahe parut segar atau 1 sendok teh bubuk jahe.

Sirup jahe

Sirup jahe adalah jahe segar yang telah dimasak dalam gula dan air sehingga rasanya manis. Sirup jahe digunakan sebagai selai, saus, dan makanan panggang. Sirup jahe juga dapat ditambahkan pada air soda dan bahan-bahan lain untuk membuat minuman berasa jahe.

Manisan jahe

Manisan jahe adalah jahe yang telah dicacah menjadi potongan kecil, dimasak dalam sirup jagung, kemudian dilapisi gula. Manisan jahe yang dijual di pasaran biasanya berwarna agak emas, ada juga manisan jahe merah. Manisan jahe merupakan bentuk yang umum digunakan untuk daging, unggas, makanan pencuci mulut, kue seperti kue jahe, dan permen. Manisan jahe juga ditambahkan sebagai hiasan makanan yang meleleh dan topping manis.

Acar jahe

Acar jahe memanfaatkan air garam dan cuka manis sedangkan jahe yang diawetkan menggunakan gula dan garam dalam pembuatannya. Acar jahe sering disajikan sebagai hidangan pembuka sedangkan acar jahe merah muda umum disantap bersama sushi, yang disebut sebagai gari.

Sementara, jahe yang diawetkan umumnya digunakan sebagai hiasan untuk daging dan ikan, sebagai bumbu untuk makanan penutup, atau permen, bumbu sajian salad, dan sandwich.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft