okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Sat, 16 Jun 2012 08:59:04 GMT | By fyulianti, okezone.com

Sehatkah, Makanan Beku Untuk Dikonsumsi?



Sehatkah, Makanan Beku Untuk Dikonsumsi?

MAKANAN beku menjadi pilihan banyak orang untuk menyajikan makanan dengan cepat. Terlebih tinggal mencairkan bahan makanan yang diinginkan kemudian diolah

Namun, gizi makanan beku dapat dipertahankan sebelum bahan makanan dibekukan untuk pengawetan, itulah sebabnya kualitas dasar dari makanan sebelum diawetkan memainkan peran utama dalam menentukan kesehatan manfaat untuk di kemudian hari.

Banyak faktor lain yang menentukan apakah makanan beku sehat atau tidak dan semuanya bergantung pada makanan itu sendiri.

Berikut ini ada beberapa tips kesehatan yang baik untuk membantu Anda mengonsumsi makanan beku dengan baik, demikian dilansir Boldsky

Pertama harus tahu makanan apa yang dibekukan, karena semua jenis makanan tidak memiliki kriteria yang sama, untuk menjadikan makanan itu sehat maupun tidak.

Beberapa jenis makanan beku lebih baik ketimbang yang masih segar, jika Anda menginginkan krim cokelat atau es maka harus dibekukan sebelum dikonsumsi.

Beberapa jenis makanan tidak membuat adanya perbedaan antara beku atau masih segar, sebagai contoh, nilai gizi makanan beku seperti buah-buahan tidak akan berkurang.

Disarankan jangan menyimpan apel dalam kulkas selama yang diinginkan tapi jika membeli apel yang sudah dibekukan untuk pengawetan maka nilainya akan ada gizinya.

Makanan beku tidak sehat karena kehilangan nilai gizi setelah dibekukan, ini terjadi bukan karena proses pembekuan itu sendiri tapi bagaimana sifat ini terjadi, daging, ikan, serta makanan laut semua bisa kehilangan gizi jika tidak diperhatikan dengan baik.

Untuk daging dan bahan baku lainnya yang sangat tinggi kadar garam bisa digunakan untuk pengawetan, ini bisa membuat makanan tidak sehat.

Satu hal yang harus diperhatikan dalam makanan beku adalah kadar kimia yang disebut natrium nitrit. Biasanya kadar ini muncul dalam daging olahan dan timbul di daging yang berwarna pink, baca label makanan untuk memperjelas rincian tersebut.

Penyimpanan makanan beku adalah sangat penting bahkan setelah membelinya, jika membeli bahan makanan beku maka sebaiknya langsung pulang sebab pada saat dirumah, kulkas Anda tidak berada pada suhu minimum sehingga tidak bisa disimpan terlalu lama, konsumsilah dalam waktu tiga atau empat hari, masukan daging ke dalam freezer dan sayuran di kotak paling bawah kulkas.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft