okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 24 Apr 2012 17:14:16 GMT | By fyulianti, okezone.com

Pisang & Ikan Pengganti Nasi Kuliner Mandar



Pisang & Ikan Pengganti Nasi Kuliner Mandar

SETIAP daerah memiliki makanan khas, seperti halnya Mandar, Sulawesi Barat. Kuliner daerah ini didominasi buah pisang dan ikan.

"Di sana banyak sekali pisang, tradisi di masyarakat Mandar biasanya kalau beras belum matang, pisang selalu disajikan, apalagi nutrisinya sangat bagus dan bisa diolah dengan banyak cara," kata Ratna Dewi Aswan, Ketua Penyelenggara Festival Kuliner Mandar kepada Okezone di kawasan Adityawarman, Blok M, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ditambahkan Ratna, masyarakat Mandar bahkan menempatkan pisang bisa menjadi pengganti nasi. Makanan utama ini bisa disantap bersama ikan baupiapi, yakni ikan dipotong-poting kecil, dibumbui cabai bersama sedikit asem dan kunyit.

Proses pengolahan pisang lainnya terbilang cukup mudah. Ratna mengatakan, pisang diolah setengah matang terlebih dahulu lalu direbus dan diberi santan yang selanjutnya direbus bersamaan. Hasilnya adalah olahan pisang dengan rasa gurih, yang disebut pisang dianjoroi.

Selain buah pisang yang merupakan dominasi makanan utama masyarakat Mandar, Sulawesi Barat, Ratna menegaskan bila ikan juga menjadi konsumsi utama. Ikan yang biasa dikonsumsi adalah ikan seribu yang menurut Ratna sulit didapat.

"Rasanya enak sekali dengan cita rasa daging yang agak manis," paparnya.

Ratna mengatakan, apa yang menjadi kebutuhan kuliner Mandar adalah bahan-bahan serbaalami. Proses pengolahan juga terbilang alami, seperti ikan cukup dibakar atau dimakan mentah yang cita rasanya cenderung manis.

"Kebiasaan konsumsi seperti ini sudah ada dari zaman dulu, budaya Mandar sangat khas dan melekat di darah kita," tutupnya.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft