okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 20 Jun 2012 17:49:25 GMT | By fyulianti, okezone.com

Pilah-pilih Pisau Tepat untuk Memasak



Pilah-pilih Pisau Tepat untuk Memasak

INGIN membuat masakan menggoda selera, keterampilan memakai pisau menjadi salah satu kuncinya. Kenali berbagai pisau untuk mendapatkan hasil terbaik.

Sayuran yang dirajang dengan baik akan menghasilkan potongan menarik hingga menggoda selera untuk menyantapnya. Teknik penggunaan pisau yang benar pada bahan makanan sebenarnya bisa dipelajari sehingga Anda menjadi semakin nyaman menggunakannya.

Namun sebelumnya, ketahui dahulu beberapa jenis pisau yang biasa dipakai memasak berikut ini, seperti dilansir Boldsky:

Pisau koki

Pisau ini merupakan yang terbesar dipakai di dapur. Bentuknya lebih panjang ketimbang pisau yang lain sehingga terlihat lebih menonjol. Meski besar, pisau ini sangat seimbang serta stabil ketika dipakai.

Pisau pengupas

Pisau ini paling sering dipakai untuk memotong serta mengiris sayuran dan buah.

Pisau utilitas

pisau ini berukuran lebih kecil dari pisau koki. Biasanya, pisau utilitas digunakan untuk mengiris sayuran maupun memotong daging maupun olahan steak.

Pisau boning

Pisau ini sangat tajam karena biasa dipakai untuk memotong daging dan tulang.

Pisau roti

Seperti namanya, pisau ini biasa dipakai untuk mengiris roti. Pisau roti memiliki gerigi dan sangat tajam. Para koki umumnya memilih pisau roti karena memiliki pegangan yang lebih baik sedangkan kebanyakan pisau digunakan seperti menggergaji ketika mengiris bahan makanan.

Tips dalam memilih pisau dapur, sebaiknya gunakan pisau berbahan stainless steel atau berbahan keramik. Pasalnya, pisau ini tidak mudah berkarat, memiliki ketajaman yang baik, dan mudah dipakai.

Usahakan gunakan talenan saat memotong sayuran. Pilih talenan yang terbuat dari plastik, kayu, dan keramik sebagai pilihan terbaik. Sebelum memakai pisau, cuci pisau dalam larutan air sabun hangat, bilas, pisau pun siap digunakan.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft