okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 03 Apr 2013 02:21:37 GMT | By fyulianti, okezone.com

Perlukah Pakai Jaring Kawat saat Bakar Ikan?



Perlukah Pakai Jaring Kawat saat Bakar Ikan?

MEMANGGANG seafood bisa menjadi hal menyenangkan jika dilakukan dengan benar. Daging ikan yang lembut mudah hancur jika Anda salah mengolahnya.

Berikut tips memanggang seafood yang benar, seperti diulas Mydailymoment:

Pilih ikan segar

Pilih ikan segar untuk mendapatkan hasil panggangan yang sempurna. Sebenarnya, Anda bisa saja menggunakan ikan beku, namun lebih sulit membakarnya. Jika Anda menggunakan ikan fillet, maka takaran porsi per orang sekira 6-8 ons, dan 8-12 ons jika Anda menggunakan ikan utuh.

Gunakan jaring kawat

Jika Anda berencana memanggang langsung di atas alat panggang, maka pilihlah ikan bertekstur kencang, seperti ikan kerapu, marlin, salmon, atau tuna. Pemilihan jenis ikan yang tepat dan jaring pemanggang sayuran memudahkan Anda selama memanggang.

Sementara, gunakan jaring kawat berlubang kecil untuk mencegah seafood terjatuh pada saat dipanggang. Jaring kawat dibutuhkan jika Anda ingin memanggang ikan berdaging lembut. Dengan alat ini, Anda dapat membalikkan ikan tanpa hancur. Tambahkan pula irisan lemon di antara ikan, jika suka.

Cegah lengket dengan minyak

Selalu pastikan panggangan Anda bersih dan telah diolesi minyak untuk mencegah ikan lengket di atasnya. Daging ikan sangat mudah hancur.

Jika ikan menempel pada panggangan, hasilnya tentu tidak sedap dipandang saat Anda menyajikannya. Untuk mencegah lengket, lap panggangan dengan kertas tisu yang telah diberi minyak. Atau, semprotkan cooking spray.

Panggang bagian kulit terlebih dahulu

Jika Anda memanggang ikan dengan kulit, panggang terlebih dahulu bagian sisi ikan yang berkulit. Dengan cara ini, juicy dan rasa ikan akan terkunci. Baliklah saat daging ikan sepertiga matang.

Atur panas api

Selalu mulai memanggang ikan dengan api besar lalu atur ke sedang. Untuk mengetahui tingkat panasnya, letakkan tangan Anda 5cm di atas sumber panas.

Jika Anda hanya mampu menahan panas hingga 2 detik, maka api tergolong besar, dan 3-4 detik bila apinya sedang. Khusus untuk memanggang ikan utuh, gunakan api kecil karena membutuhkan waktu masak lebih lama.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft