okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 17 Dec 2012 10:09:38 GMT | By fyulianti, okezone.com

Pembungkus Makanan, Kertas Alumunium vs Plastic Wrap



Pembungkus Makanan, Kertas Alumunium vs Plastic Wrap

MENYIMPAN makanan yang terbaik adalah dengan cara menutupnya agar aroma tidak menyebar dan melindungi kualitas makanan. Biasanya, ada dua jenis pilihan yang digunakan, yaitu kertas alumunium dan plastik. Manakah yang tepat untuk Anda gunakan?

Jawabannya tergantung pada jenis makanan dan bagaimana Anda memanaskannya. Berikut ulasan di antara kedua pilihan, seperti dikutip Realsimple:

Kertas alumunium

Bahan ini paling baik saat Anda akan mendinginkan bahan makanan berbau. Kertas alumunium dapat menjadi penghalang kuat untuk mencegah bau menyebar. Jadi, pastikan untuk menutupnya serapat mungkin. Kertas alumunium juga ideal untuk memanaskan makanan dalam oven karena dapat menahan panas.

Tips saat menggunakannya, bungkus makanan dengan kertas alumunium pada makanan yang masih terbungkus plastic wrap, khususnya bila Anda berencana membekukan makanan, seperti daging dalam kemasan yang belum dibuka. Cara ini bertujuan agar oksigen tidak masuk ke makanan akibat pemanasan freezer.

Pastinya, jangan gunakan cara ini di dalam microwave dan jangan pernah membungkus makanan asam, seperti tomat dan buah beri, menggunakan kertas alumunium. Kandungan asam akan bereaksi pada alumunium sehingga meninggalkan noda biru yang tak sedap dipandang meski memang tidak berbahaya.

Plastic wrap

Bahan ini paling baik untuk membungkuas makanan asam, makanan segar, dan makanan olahan berbentuk potongan. Gunakan plastic wrap juga untuk menjaga makanan, seperti apel dan alpukat, dari perubahan warna menjadi coklat. Rekatkan plastik pada permukaan yang telah terbuka.

Ketika menggunakan bumbu kering atau rempah-rempah, Anda dapat mempercepat penyerapannya pada daging dengan membungkusnya sangat lekat di antara dua lembar plastic wrap.

0Komentar

video gaya hidup

MSN Video is temporarily unavailable.
lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft