okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 22 Jun 2012 08:29:05 GMT | By fyulianti, okezone.com

Mau Tahu Cara Masak Sehat, Ikuti Langkah Ini



Mau Tahu Cara Masak Sehat, Ikuti Langkah Ini

MEMBUAT masakan menjadi enak itu perkara mudah, namun bila mengolah masakan jadi sehat, ini yang cukup sulit, karena harus pintar dalam memilih bahan yang digunakan.

Menghasilkan masakan yang memenuhi standar tinggi untuk rasa dan kesehatan bukan sesuatu yang mudah di dapatkan. Makanan yang diolah dengan cara dipanggang dengan serat lebih memiliki sedikit kalori sehingga membuat Anda jadi lebih sehat.

Berikut ini beberapa langkah membuat masakan sehat yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti diulas Shine:

Membuat masakan tanpa memakai krim

Saus krim paling sering dipakai dalam membuat masakan, sehingga bisa menimbulkan kadar lemak dalam tubuh, otomatis Anda harus menggantikan krim dengan bahan yang sesuai untuk aroma dan rasanya.

Untuk membuat pengganti krim Anda bisa membuatnya di rumah, caranya campurkan 1 cangkir susu yang di dalamnya terdapat kadar rendah lemak dengan empat sendok teh tepung terigu, lalu aduk dengan suhu api mengecil sampai mendidih dan merata hingga kental. Untuk olahan salad, bisa memilih kadar rendah lemak untuk mayonesnya.

Cobalah memasak dengan minyak sedikit

Minyak zaitun dan minyak canola memang bagus buat tubuh tapi dalam penggunaannya tetap harus dengan ukuran yang sedikit, berikan sedikit minyak yang disukai untuk olahan salad dan sup, saat memasak di atas kompor, usahakan gunakan minyak paling sedikit atau sebatas menempel pada wajan saja.

Dapatkan kerenyahan pada olahan goreng

Untuk olahan ayam, ikan atau sayuran Anda bisa taruh ke dalam olahan tepung lalu lumuri dengan minyak canola atau semprotkan dengan minyak zaitun kemudian taruh di loyang kemudian panggang sampai suhu 232 derajat celcius sampai terasa renyah.

Tambahkan rasa tanpa pakai garam

Untuk memembuat makanan, usahakan gantikan garam dengan perasan lemon atau jeruk nipis atau gunakan bumbu rempah-rempah segar yang telah dicincang, hindari pula produk kalengan.

Gunakan biji-bijian dalam makanan yang dipanggang

Gunakan tepung gandum pada olahan panggangan karena akan menambahkan serat dan meningkatkan vitamin B esensial, seng dan magnesium. Coba gunakan tepung gandum yang utuh dalam muffin, roti, gunakan bahan yang lebih halus bertekstur gandum.

Gunakan putih telur

Putih telur memiliki 16 kalori yang dibandingkan dengan kuning telur yang memiliki 54 kalori dan 5 gram lemak, gunakan dua puih telur sebagai pengganti satu butir telur.

Buat es krim sendiri

Es krim harus memiliki kalori lebih rendah dan lemak dibanding es krim biasa, gunakan susu rendah lemak dalam membuat es krim.

Pilih lemak baik

Gantikan mentega dengan minyak zaitun atau minyak canola, sebab mentega lebih banyak tujuh kali lipat lemak jenuh dari minyak.

Berikan sayuran pada hidangan daging

Untuk menjaga kesehatan buat tubuh, Anda bisa memberikan sayuran yang telah dipotong dadu maupun biji-bijian, seperti jamur atau paprika untuk konsumsi makanan yang menyehatkan.

Kurangi keju

Menggunakan keju untuk berbagai hidangan memang paling enak, pilihlah keju yang memberikan dampak rasa lebih banyak ketimbang lebih banyak kalori. (uky)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft