okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 19 Feb 2013 07:06:29 GMT | By fyulianti, okezone.com

Masakan Terlalu Pedas, 'Jinakkan' dengan Bahan Ini



Masakan Terlalu Pedas, 'Jinakkan' dengan Bahan Ini

MAKANAN pedas bagi sebagian orang terasa lebih menggugah selera. Jika kebetulan Anda makan bersama orang yang tak suka pedas, sarankan dia untuk meredakannya dengan bahan berikut.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lalukan untuk menetralisir rasa pedas, seperti dilansir Sheknows:

Pemanis

Gula dapat membantu menetralisir rasa pedas. Coba tambahkan satu sendok teh gula pasir atau satu sendok madu. Hati-hati saat menambahkan pemanis pada hidangan. Tambahkan sedikit demi sedikit hingga Anda mendapatkan rasa yang pas. Jangan sampai kemanisan sehingga terkesan sebagai hidangan penutup.

Asam

Meskipun tidak termasuk pereda pedas yang jelas, rasa asam secara ajaib dapat mengurangi rasa pedas. Tapi ingat, penggunaan asam tergantung pada jenis hidangan. Beberapa jenis asam yang bisa dicoba adalah asam dari perasan jeruk (jeruk lemon dan jeruk nipis merupakan yang terbaik dan memiliki rasa segar), cuka, nanas cincang, atau saus tomat.

Produk susu

Ada alasan mengapa sour cream (krim asam) sangat umum digunakan dalam makanan Meksiko dan masakan India. Produk susu ini dapat menetralisir rasa pedas. Aduk satu sendok makan yogurt, sour cream, susu, santan kelapa (alternatif pengganti susu yang baik) atau tambahkan keju cheddar pada masakan Anda untuk mengurangi rasa pedas.

Sayuran

Beberapa orang meyakini bahwa dengan menambahkan parutan atau potongan wortel ataupun kentang, maka rasa pedas pada masakan akan berkurang. Kandungan gula di dalam sayuran membantu melawan rasa pedas. Teksturnya yang berpori juga membantu menyerap rasa pedas akibat rempah-rempah.

Kacang-kacangan

Kacang mungkin terdengar aneh untuk mengurangi rasa pedas pada masakan. Tetapi dengan menambahkan kacang, selai kacang kenari, atau pasta biji wijen, maka hidangan Anda menjadi tidak begitu pedas. Tentu saja, penambahan kacang-kacangan lebih cocok untuk makanan berkari santan dibandingkan makanan dengan sambal salsa.

Kaldu

Jika hidangan panas yang dimaksud adalah saus, cabai, atau apapun yang ingin dikurangi tingkat kepadasannya, maka tambahkan sesendok kaldu atau cairan ringan lainnya. Cara ini akan mengurangi rasa pedas pada hidangan Anda.

Buatlah lebih banyak

Jika Anda masih memiliki bahan-bahan masakan untuk membuat menu yang sama, buatlah lebih banyak tanpa menambahkan bumbu pemberi rasa pedas. Satukan makanan yang pertama Anda buat dengan makanan selanjutnya sehingga rasa pedas dari makanan pertama akan berkurang.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft