okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 06 Apr 2012 09:44:10 GMT | By fyulianti, okezone.com

Kiat Mudah Manggang Tenderloin



Kiat Mudah Manggang Tenderloin

MENGOLAH steak memang membutuhkan bagian daging sapi yang empuk agar saat dikonsumsi akan terasa enak terlebih cita rasanya. Untuk mengolah steak, sebaiknya Anda memilih daging sapi bagian tenderloin, walaupun pada bagian daging sapi lainnya juga enak dikonsumsi.

Tenderloin adalah salah satu bagian daging sapi paling lunak berasal dari otot sapi yang tidak sering digunakan. Pemotongan daging ini dilakukan dengan cara memotong ramping, teknik pemotongan ini sering dilakukan untuk melakukan fillet daging khusus pada tenderloin. Bila Anda mengonsumsi direstauran sudah pasti harganya lebih mahal ketimbang mengolahnya di rumah.

Diulas, Ehow, Jumat (6/4/2012) mengatakan mempersiapkan tenderloin adalah salah satu potongan paling dasar untuk daging sapi, apalagi sering ditemukan pada olahan steak, tenderloin ada pada bagian pinggang sapi dan berbentuk sangat lembut, sehingga harganya cukup mahal.

Anda bisa membeli daging tenderloin dimana saja dan mendapatkan hasil pemotongan yang baik terlebih sudah dihilangkan bagian lemaknya. Untuk menghemat biaya, Anda bisa membuang lemaknya di rumah dengabn memakai pisau sendiri.

Daging sapi tenderloin bila dipanggang dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu baik dengan cara dipotong menjadi irisan atau diolah dengan cara dibuat steak dengan daging tenderloin secara keseluruhan. Dengan dilakukan pemotongan dengan cara diiris maka itu akan lebih mudah karena akan memiliki waktu memanggang lebih pendek.

Apakah memanggang daging sapi tenderloin dengan keseluruhan atau dipotong-potong, sebelum dipanggang, keluarkan daging sapi sekira 20 menit, fungsinya akan menghangatkan daging sampai suhu kamara dan mengurangi waktu untuk menghilangkan panggangan daging menjadi empuk dan juicy.

Memanggang dengan gas atau arang, Anda harus menyesuaikan suhu apinya, tergantung tebal tidaknya irisan daging yang diolah, waktu panggangan akan bervariasi di setiap sisinya, biasanya satu hingga lima menit setiap sisinya. Gunakan penjepit dalam memanggang tenderloin, untuk menghindari semburan api dan menghindari tenderloin mengering.

Setelah membalik tenderloin lebih dari dua kali, guanakan termometer daging untuk memastikan suhu daging sudah mencapai 120 hingga 130 derajat. Bila sudah berubah kecokelatan maka kecilkan api.

Daging sapi tenderloin akan mendapatkan suhu yang maksimal yaitu 120 derajat, setelah matang diamkan selama 15 menit, fungsinya adalah mempertahankan juicy-nya.

0Komentar
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft