okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 30 Apr 2012 10:58:10 GMT | By fyulianti, okezone.com

Jagung, Sajian Pokok Kuliner Venezuela



Jagung, Sajian Pokok Kuliner Venezuela

MASYARAKAT Indonesia merasa belum makan bila tidak bertemu nasi. Bila nasi menjadi makanan pokok, masyarakat Venezuela justru mengandalkan jagung.

"Makanan Venezuela memakai banyak jagung, banyak makanan segar, seperti Indonesia karena kita tinggal di area tropis. Jagung makanan utama kami," jelas Chef Tamara Rodriquez, guest star chef Hotel Le Meridien, kepada Okezone usai acara "Flavors of Venezuela" di Hotel Le Meridien, Jakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, jagung menjadi makanan utama lantaran faktor kebiasaan, selain fakta bahwa tanaman jagung yang cenderung mudah tumbuh terdapat di hampir 99 persen wilayah Venezuela. Iklim Venezuela memungkinkan jagung tumbuh lebih subur.

"India membutuhkan banyak sinar matahari untuk membantu pertumbuhan jagung, sinar matahari sangat penting. Secara umum, jagung tumbuh subur di dataran rendah, kita tidak menumbuhkan jagung di gunung. Dataran rendah dan cuaca yang panas adalah hal-hal umum yang penting dalam menumbuhkan jagung," lanjutnya.

Meskipun di Indonesia terdapat tanaman jagung, bagi Chef Tamara, jagung di Venezuela lebih kuat aroma dan rasanya saat dikonsumsi. "Rasanya bisa lembut atau renyah. Jagungnya bisa diolah menjadi tepung jagung, ada juga jagung putih, kuning, dan jagung biru. Kita punya banyak macam jagung, tergantung mau dibuat apa, Anda pun bisa menggunakan jagung segar, jagung kering, atau tepung jagung," tutupnya.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft