okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Sat, 03 Nov 2012 01:46:58 GMT | By fyulianti, okezone.com

Intip Cara Membuat Rendang Paru Kering



Intip Cara Membuat Rendang Paru Kering

ADA beberapa cara memasak rendang paru, tergantung selera. Ada paru yang kering seperti kerupuk, berderuk-deruk. Ada juga paru yang setengah kering, seperti paru untuk soto.

Perbedaan ini terjadi karena cara memasaknya juga berbeda. Namun, semua dimulai dengan merebus dahulu paru mentah, terutama untuk paru yang cukup tebal. Saat direbus, paru ini akan mengembang. Karena itu, sebaiknya menggunakan kuali besar atau panci tertutup.

Setelah direbus, didinginkan dahulu paru untuk mengeraskan kembali dan mempermudah pemotongan. Paru diiris tipis-tipis, kurang lebih cm lalu beri sedikit garam untuk memberi rasa.

Perbedaan cara memasak ada di proses ini. Kalau mau paru yang kering seperti kerupuk, maka irisan paru digoreng terlebih dahulu. Sementara, paru yang setengah kering tidak perlu, seperti dilansir buku Rendang Traveler: Menyingkap Bertuahnya Rendang Minang karya Reno Andam Suri.

Kuah santan yang sudah dimasak tetap diaduk sampai menjadi kalio. Baru kemudian, paru ini bisa dimasukkan. Untuk rendang paru yang kering, paru dimasukkan setelah santan lebih merah dari kalio karena waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya dalam kuah santan tidak terlalu lama.

Beda dengan paru yang setengah kering, saat kalio inilah irisan paru dimasukkan. Di sinilah proses 'penggorengan' di mulai. Dengan minyak yang timbul dari santan kelapa dalam kuah rendang, cara membuatnya seperti menggoreng dengan api yang sangat kecil. Iringi juga dengan adukan perlahan.

Ada trik khusus dalam membuat rendang paru yang setengah kering. Potongan paru dibuat tipis agar tidak menjadi terlalu basah dan lembek. Lama-kelamaan akan timbul busah dalam kuah rendang. Ketika aduk menjadi lebih ringan, pertanda paru sudah mulai mengering.

Rendang paru yang kering mempunyai kelebihan, yaitu dapat dibuat secara bertahap, karena paru sudah digoreng hingga bisa disimpan terlebih dahulu. Kita tidak harus langsung membuat kuah santannya. Berbeda dengan paru setengah kering, memang harus sekalian menyiapkan kuah santan, tapi kelebihannya adalah bumbu meresap ke dalam lebih sempurna.

Paru setengah kering dapat diangkat jika bumbu rendang sudah berubah menjadi kehitaman. Tetap perlu ditiriskan agar busa-busa efek menggoreng juga jadi tiris.

Rendang paru memang nikmat rasanya. Namun, jangan kaget kalau melihat hasil dari pemasakan paru, karena akan terjadi penyusutan dari proses awal. Dari 1 kg paru, begitu matang, paling yang tersisa hanya 600 gram.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft