okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 01 Feb 2013 01:12:21 GMT | By fyulianti, okezone.com

Ide Kreatif Sulap Meja Makan untuk Sajian Imlek



Ide Kreatif Sulap Meja Makan untuk Sajian Imlek

TAHUN Baru China identik dengan keceriaan dan kemeriahan. Selain dekorasi ruang tamu yang menarik, meja makan juga menjadi sudut rumah yang harus bisa menggugah selera makan para tamu.

Hiasi meja Anda sesuai tema Imlek. Beberapa elemen dekorasi Imlek bisa dibeli di supermarket. Anda juga bisa membuatnya dengan sedikit kreativitas dan keterampilan tangan. Libatkan anggota keluarga untuk memilih dekorasi yang menarik sesuai keinginan bersama.

Langkah-langkah berikut bisa membantu Anda menghias meja makan lebih menarik dan ceria, seperti diulas Ehow:

Gunakan taplak meja favorit

Tutup meja dengan taplak kertas berwarna cerah sesuai favorit Anda. Gunakan spidol permanen hitam untuk menghiasi tepi taplak meja dengan simbol China yang bermakna keberuntungan, kemakmuran, kebahagiaan hidup, ataupun kekayaan, tergantung alasan di balik perayaan Tahun Baru China Anda kali ini.

Alas piring berwarna merah

Gunakan potongan kertas besar berbentuk persegi panjang atau lingkaran bertema Imlek sebagai alas piring yang menampilkan simbol favorit Anda atau cerita budaya. Secara tradisional, warna merah sering dipilih karena menandakan kebahagiaan bagi bangsa China. Sebaiknya dilaminasi atau dilapis plastik agar tidak rusak jika terkena tumpahan cairan.

Lentera dan lilin kecil untuk penerangan yang lembut

Pasang lentera kertas di tengah meja atau gantung di langit-langit ruangan makan Anda. Anda juga dapat membuat sendiri lentera sederhana dengan memotong selembar kertas sesuai desain, lipat, dan rekatkan dengan lem atau doubletip. Jangan lupa letakkan lilin kecil di dudukan gelas untuk memberikan penerangan yang lembut.

Peralatan makan berwarna-warni

Lengkapi hiasan di meja dengan perlatan makan berwarna-warni, seperti cangkir teh dan piring. Letakkan sendok dan garpu perak atau plastik berwarna-warni di samping sumpit yang diperuntukkan bagi tamu yang belum menguasai penggunaan sumpit.

Hiasi dengan mainan Imlek

Hiasi meja dengan barang-barang dekorasi berukuran kecil dan atur tempatnya agar terlihat lebih menarik. Misalnya, mainan kertas buatan sendiri yang berbentuk singa menari dalam perayaan besar atau naga yang biasa ditemui dalam perayaan Imlek. Atau lainnya seperti boneka jari khas China.

Tatakan gelas berlambang shio China

Hiasi gelas minum dengan simbol shio China, seperti tikus, sapi, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba jantan, monyet, ayam, anjing, atau babi. Biar lebih berkesan, cari tahu tahun kelahiran setiap tamu sebelumnya sehingga gelas kaca bisa menyesuaikan shio mereka. Pilihan lainnya adalah tatakan gelas bergambar shio, letakkan di depan gelas minuman berwarna-warni

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft