okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 19 Jun 2012 19:52:22 GMT | By fyulianti, okezone.com

Deretan Pewarna Alami untuk Masakan



Deretan Pewarna Alami untuk Masakan

SAYURAN bisa dikonsumsi dalam keadaan utuh dalam beragam sajian. Sayuran juga bermanfaat sebagai pewarna alami masakan hingga terlihat menarik sekaligus sedap.

Beberapa bahan makanan segar memiliki pigmen atau zat warna yang dapat berguna untuk hidangan Anda. Penting pula diperhatikan, gunakan selalu pewarna alami untuk menghasilkan warna yang tidak berefek samping.

Berikut beberapa jenis pewarna alami dari bahan-bahan makanan segar yang bisa Anda gunakan pada makanan, seperti dilansir Boldsky:

Cokelat tua

Untuk menghasilkan warna ini, Anda bisa memanggang kayu manis, cengkeh, dan lada hitam dalam panci selama 5 sampai 6 menit di atas suhu api sedang. Haluskan semua bumbu dapur ini lalu berikan pada menu masakan yang Anda buat.

Kalau ingin menambahkan warna cokelat untuk kembang gula, cukup beri gula, susu, dan jus akar bit. Aduk di atas api kecil selama 2-3 menit, maka akan didapat pewarna cokelat untuk hidangan manis.

Merah

Pewarna makanan merah paling dicari dan disukai. Cara termudah untuk mendapatkan warna merah alami untuk makanan adalah lewat jus akar bit. Bubuk cabe ataupun tomat juga bisa memberikan warna merah pada menu kari.

Oranye

Wortel adalah sumber terbaik untuk menghasilkan warna oranye. Wortel tidak manis sehingga tidak perlu khawatir mengenai rasa yang berubah setelah diberikan sayuran ini. Ada pula pilihan kulit jeruk yang sudah dihancurkan.

Hijau

Untuk menghasilkan warna hijau, gunakan saja bayam atau buah alpukat. Kedua bahan makanan segar ini akan menambahkan warna hijau muda untuk makanan Anda.

Kuning

Kunyit menghasilkan warna kuning emas untuk makanan, saffron juga menambahkan aroma dan warna menggoda. Gunakan sedikit saja, pewarna makanan ini pun siap mengubah rasa makanan Anda.

Merah muda

Raspberry dan jus stroberi menambahkan sedikit warna pink untuk masakan. Dan bagian terbaiknya, anak-anak pasti akan sangat menyukai warna ini.

Biru violet

Blueberri dapat diproses atau dihaluskan untuk mendapatkan warna biru dan ungu. Unsur-unsur bahan makanan alami di dalamnya bekerja dengan sangat baik dan aman dikonsumsi.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft