okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 06 Sep 2012 10:50:44 GMT | By fyulianti, okezone.com

Daging Sapi Akan Hilang dari Menu McDonald's India



Daging Sapi Akan Hilang dari Menu McDonald's India

MCDONALD'S akan membuka gerai vegetarian pertamanya di dua tempat bersejarah di India. Namun tampaknya, upaya ini tidak berjalan semulus rencana dengan beberapa protes mulai dilayangkan.

Selasa, 4 September 2012, McDonald's mengumumkan bahwa salah satu gerainya meluncurkan sandwich vegetarian di Punjab, salah satu daerah di India. Gerai ini merupakan gerai pertama yang menjual menu khusus vegetarian.

Rencananya, gerai McDonald's pertama yang menjual seluruh menu vegetarian ini akan dibuka pertengahan 2013. Gerai pertama bertempat di dekat Kuil Emas di daerah Amritsar sedangkan gerai kedua akan berada di sebuah kota kecil bernama Katra, di negara bagian Kashmir dan Jammu, kaki Gunung Kuil Vaishno Devi.

Sebuah situs suci bagi para sikh, yaitu Kuil Emas, dikunjungi ribuan pengunjung per harinya yang berasal dari seluruh dunia. Sementara, Katra dikunjungi oleh sekitar delapan juta peziarah yang akan menuju Kuil Hindu setiap tahunnya.

Penduduk kedua daerah tersebut seluruhnya vegetarian. Karena selama ini McDonald's dikenal dengan olahan dagingnya, maka tampaknya tidak akan mudah bagi restoran cepat saji ini untuk mengikuti kebiasaan penduduk setempat. Demikian seperti dikutip dari CNNGO, Kamis (6/9/12).

Gerai Mc Donald's di Amritsar sendiri akan berada sekitar 200 meter dari Kuil Emas. Di tempat itulah makanan vegetarian akan dilayani sebagai salah satu bagian dari perjalanan ziarah. Namun, sebagian umat Hindu menentang pembukaan gerai baru tersebut.

"Ini merupakan upaya yang tidak hanya menghasilkan uang, tetapi juga untuk sengaja mempermalukan umat Hindu," kata S. Gurumurthy kepada The Daily Telegraph. "Ini adalah sebuah organisasi yang berhubungan dengan penyembelihan sapi," tukasnya.

Gurumurthy adalah salah seorang pendiri Kelompok Nasionalis Hindu Swadeshi Jagran Manch, cabang dari Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS). Dia memastikan bahwa umat Hindu pasti akan melawan rencana ekspansi raksasa perusahaan makanan cepat saji ini.

McDonald's sendiri telah masuk ke India sejak 1996. Namun hingga saat ini, hanya terdapat 271 gerai di negara tersebut, sangat berbeda jika dibandingkan dengan McDonald's yang berada di China. Restoran ini baru masuk China enam tahun setelah pembukaannya di India. Namun, saat ini telah berdiri 1.400 gerai McDonald's di China.

Pihak McDonald's mengaku tidak dapat memaksakan menu andalannya, yaitu daging sapi, di negara yang 80 persen penduduknya adalah umat Hindu. Umat Hindu menganggap sapi sebagai hewan suci yang tidak boleh dimakan. Di negara inipun, menu daging babi tidak dijual demi menghormati umat Islam di India. Sebaliknya, menu setengah vegetarian dijual di gerai ini dengan daging ayam sebagi penggantinya. Sementara, penjualan sandwich hanya berkisar pada seperempat dari total penjualan di India.

Produk yang dilayani di Mc Donald's khusus vegetarian ini termasuk McAloo Tikki Burger yang terbuat dari kentang dibumbui. Selain itu, akan ada McVeggie yang menggunakan wortel, kacang polong, dan kentang sedangkan menu Paneer McSpicy diisi dengan keju India. McDonald's berencana menggandakan jumlah gerainya di India hingga tiga tahun mendatang.

Selain McDonald's dan Subway, Pizza Domino adalah salah satu waralaba yang membuka gerai vegetarianya di Mumbai dan Gujarat. India adalah negara yang menjadi pasar ketiga terbesar untuk makanan pizza yang berasal dari Amerika Serikat ini.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft