okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Sat, 23 Mar 2013 11:16:07 GMT | By fyulianti, okezone.com

Cara Benar Menanak Beras Merah



Cara Benar Menanak Beras Merah

MEMASAK beras merah terasa lebih sulit karena teksturnya tidak sama dengan beras putih biasa. Takaran air yang salah menyebabkan tekstur nasi beras merah keras.

Berikut langkah-langkah memasak beras merah dengan menggunakan panci lebih besar untuk menghasilkan nasi yang lebih baik, seperti diulas Wikihow:

Bilas dengan bersih

Awali dengan membilas beras merah dalam saringan beras di bawah air keran untuk memastikan kotoran yang ada bisa hilang. Cara ini berlaku untuk semua jenis beras merah, seperti gandum panjang, gandum pendek, basmati, parboiled, dan lain-lain karena dapat menghilangkan sisa pestisida yang mungkin tertinggal. Dengan membilas, Anda akan mengurangi pembentukan gelembung pati saat dimasak.

Saring dengan baik sehingga kemungkinan air tertiris lebih banyak, lalu pindahkan ke dalam mangkuk. Gunakan panci besar dan takar air dengan tepat.

Siapkan panci besar dengan volume 10 atau 12 liter. Takaran air untuk satu cangkir beras yaitu sepuluh cangkir, jadi jika Anda akan memasak 2 cangkir beras merah, maka gunakan air sebanyak 20 cangkir. Hasilnya sekitar enam hingga tujuh cangkir nasi matang. (catatan: 1 cangkir sekira 237 ml).

Setelah air mulai mendidih, tuang beras merah ke dalam panci, lalu kecilkan api menjadi sedang, dan masak selama 30 menit tanpa ditutup. Sementara itu, siapkan saringan pasta di wastafel Anda.

Buang busa pati

Jika perlu, sendoklah busa pati yang menumpuk di atas permukaan nasi dengan hati-hati saat proses memasak berlangsung. Anda tidak perlu mengaduk beras selama dimasak.

Setelah 30 menit, matikan api dan saringlah air beras merah dengan hati-hati menggunakan saringan pasta sampai semua air tertiris.

Masak kembali

Masukkan kembali beras yang telah ditiriskan ke dalam panci tertutup dan biarkan matang selama 10 sampai 15 menit. Buka tutup, lalu pindahkan dengan hati-hati ke mangkuk besar. Nikmati bersama lauk selagi hangat.

Peringatan:

- Ketika menyendoki busa keluar, berhati-hati agar air tidak menetes ke lantai yang dapat menyebabkan bahaya terpeleset.

- Berhati-hatilah dengan uap panas saat beras mulai mendidih dan pada saat meniriskan air beras merah yang mendidih.

- Jangan biarkan beras merah lebih dari 20 menit begitu saja karena rasanya bisa menjadi aneh dan baunya mulai tidak sedap.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft