okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Sun, 06 May 2012 13:40:08 GMT | By tuty, okezone.com

Bikin Pempek Sendiri? Ini Caranya



Bikin Pempek Sendiri? Ini Caranya

TIDAK perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli pempek. Kini, Anda bisa membuat makanan ini sendiri di rumah dengan langkah mudah.

Pempek memiliki aroma dan rasa yang khas. Olahan pempek sering kali dibuat dari ikan. Namun, Anda bisa menggantinya dengan udang atau bahan lain sesuai selera.

Adapun proses pengolahannya sangat mudah. Anda cukup menyiapkan tepung sagu dan bahan utama, kemudian diolah sampai adonan menjadi lembut.

"Bahan makanan yang digunakan, misalnya udang atau ikan tenggiri. Bahan ini dihancurkan, tapi tidak usah terlalu halus. Lalu, campurkan tepung sagu dan beri air sambil diaduk," tutur Harwanto, Chef Resto Kampoeng Bangka saat berbincang dengan Okezone di acara Festival Kuliner Bangka 2012 di FX, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (6/5/2012).

Langkah selanjutnya dengan merebus olahan pempek. Tanpa direbus, pempek tidak akan terbentuk dengan baik.

"Proses perebusan untuk mematangkan adonan. Setelah direbus, adonan bisa langsung dikonsumsi atau digoreng juga bisa. Proses perebusan juga untuk mengeratkan adonan yang telah dibentuk tadi," jelasnya.

Untuk mengetahui tingkat kematangan pada pempek saat direbus, kata Harwanto, cukup mudah.

"Jika sudah matang, pempek akan naik ke permukaan. Air untuk merebus tidak perlu diberi bumbu, sehingga rasanya tidak berlebihan," tutupnya.

0Komentar

video gaya hidup

MSN Video is temporarily unavailable.
lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft