okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 26 Jun 2012 09:35:40 GMT | By fyulianti, okezone.com

Bersihkan Celemek & Lap Dapur dari Noda Membandel



Bersihkan Celemek & Lap Dapur dari Noda Membandel

CELEMEK dan lap dibutuhkan ketika memasak, terutama untuk melindungi pakaian dari noda, percikan minyak, dan sebagainya. Karena itu, penting untuk memastikan celemek senantiasa bersih.

Apakah Anda sering memakai celemek saat memasak? Jika ya, celemek pasti akan mudah kotor oleh noda kuah sayur, minyak, atau saus sehingga cukup sulit untuk dihilangkan. Untuk membersihkan celemek, cara paling efektif adalah menggunakan tangan, bukan mesin cuci. Sebaiknya jangan mencampur proses pencucian celemek bernoda dengan pakaian lain.

Berikut adalah tips sederhana untuk membersihkan celemek dan lap dapur dari noda membandel, seperti dilansir Boldsky:

1. Sebelum mencuci, baca aturan memerlakukan celemek terlebih dahulu. Jika celemek dapat dicuci dalam air panas atau hangat, maka rendam selama 20 sampai 30 menit. Tambahkan sedikit deterjen dalam air.

2. Jika ada noda kering pada celemek, tambahkan tiga sendok teh amoniak dalam setengah ember air kemudian rendam celemek selama 20 menit. Gunakan sikat jika diperlukan untuk menghilangkan noda.

3. Anda dapat menghilangkan noda minyak dengan sabun cuci piring cair. Cara ini akan menghilangkan lemak dengan mudah. Kemudian, sikat celemek sampai nodanya menghilang.

4. Celemek berbau bawang, rendam dalam hidrogen peroksida selama 10 hingga 15 menit setelah pencucian, kemudian bilas sekali dalam air.

5. Anda juga dapat menggunakan susu untuk menghilangkan noda pada celemek. Cuci dengan air dan cuka putih untuk menghilangkan bau susu. Bau cuka putih akan mengurangi aroma susu setelah pengeringan.

6. Tips lain untuk menghapus noda dari celemek, yakni gosok noda dengan memberikan soda. Caranya, basahi celemek lalu gosok dengan soda sampai noda menghilang.

7. Lemon dengan garam adalah tip sederhana untuk mencuci celemek. Anda bisa menambahkan garam dan beberapa tetes air jeruk lemon dalam air kemudian rendam celemek dan lap. Cara lain adalah dengan menggunakan irisan lemon dan garam pada noda celemek, cuci dalam air hangat, lalu keringkan.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft