okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 17 May 2012 08:44:30 GMT | By fyulianti, okezone.com

Banyak Salah Kaprah, Borges Sharing Tentang Minyak Zaitun



Banyak Salah Kaprah, Borges Sharing Tentang Minyak Zaitun

MINYAK zaitun perlahan semakin akrab dalam aktivitas memasak masyarakat. Namun sebagian lain masih belum paham soal cara pemanfaatan, manfaat, dan segala hal tentang minyak zaitun. Ini yang coba dibagi oleh Borges.

"Dari sejak tahun 2008, kami sudah mulai memberikan ilmu pengetahuan soal minyak zaitun. Kami ingin hal ini dilakukan terus-menerus karena pentingnya minyak ini untuk kesehatan. Melalui Borges Olive Oil, masyarakat setidaknya paham penggunaan minyak zaitun, apalagi saya melihat masih banyak yang salah kaprah dalam pemakaiannya," jelas Novi Rismala, Product Manager Borges Olive Oil, pada acara "Borges Chef Cooking Competition 2012" di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Menurutnya, pemahaman tentang minyak zaitun perlu diberikan karena minyak yang kerap digunakan pada menu-menu Mediterania ini memiliki jenis yang banyak. Borger Olive Oil, yang berasal dari Spanyol, sendiri hadir di Indonesia dengan beragam varian, terdiri dari extra virgin olive oil, pure olive oil, dan extra light olive oil. Jenis mana yang akan dipilih, tentu bergantung pada kebutuhan Anda.

Novi menjelaskan, extra virgin olive oil memiliki aroma yang tajam karena proses pemerasan buah zaitun hanya dilakukan sekali. Minyak ini segera dikemas ke dalam botol sehingga benar-benar terjaga 'virginitas'-nya. Karena itu, penggunaan terbaiknya bukan untuk proses memasak.

"Extra virgin olive oil sebaiknya tidak untuk menumis, menggoreng, atau memanaskan karena minyak ini begitu mudah teroksigenasi, berubah zat-zatnya akibat proses pemanasan yang kemudian menjadi lemak trans, lemak berbahaya. Selain itu, minyak ini bisa diminum," bebernya.

Sementara, bagi Anda yang ingin menumis sebaiknya gunakan extra light olive oil. Secara fungsi, dikatakan Novi, minyak ini lebih sehat ketimbang minyak goreng, meski memang tidak sehebat extra virgin olive oil karena sudah melalui proses pemerasan lebih dari satu kali.

Terakhir adalah pure olive oil. Aromanya sangat ringan karena buah zaitun yang digunakan sudah melalui proses pemerasan berkali-kali.

Sementara itu, untuk lebih menambah pengetahuan masyarakat terhadap minyak zaitun, Borges Olive Oil mengadakan kompetisi memasak. Di dalamnya secara tidak langsung menjelaskan tentang pemakaian minyak zaitun secara tepat.

"Perlombaan memasak ini diikuti oleh berbagai para chef andal, mulai dari perhotelan hingga resto-resto ternama di seluruh Indonesia. Tujuannya bukan sebatas memeriahkan, tetapi setidaknya memberi gambaran kepada masyarakat bagaimana proses memasak memakai minyak zaitun," tutupnya.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft