okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 24 Apr 2012 17:32:36 GMT | By fyulianti, okezone.com

Asam Kuliner Mandar dari Mangga Muda



Asam Kuliner Mandar dari Mangga Muda

BILA selama ini cita rasa asam didapatkan dari cuka maupun jeruk lemon, namun tidak dengan masyarakat Mandar, Sulawesi Barat. Mereka memakai mangga muda.

"Asam didapat dari mangga yang diiris-iris kemudian dijemur sampai kering betul, ini keistimewaan serta khas makanan Mandar," kata Ratna Dewi Aswan, Ketua Penyelenggara Festival Kuliner Mandar kepada Okezone di kawasan Adityawarman, Blok M, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ratna memaparkan alasan masyarakat Mandar memilih mangga untuk menghadirkan cita rasa asam pada olahannya. Menurutnya, mangga mempunyai rasa asam alami dan tidak terlalu tajam sedangkan asam jawa tergolong kurang asam.

"Mangga sudah menjadi tradisi turun-temurun, mangga yang dipilih adalah mangga muda. Bisa saja memakai jeruk lemon atau cuka, tetapi rasa asamnya terlalu tajam," tambahnya.

Untuk proses pembuatannya, mangga muda dikupas terlebih dahulu kemudian dijemur selama beberapa hari hingga kering dan warnanya berubah.

"Kalau tidak dijemur, maka cita rasanya tidak akan enak, rasa asam tidak akan keluar. Kalau kuliner Thailand, mangganya dari yang segar, tapi kalau di Mandar, mangganya sudah dikeringkan," paparnya.

Dikatakannya, seusai dijemur selama beberapa hari dan mangga telah berubah menjadi warna hitam kecokelatan maka olahan mangganya barulah bisa digunakan.

"Mangga di makanan Mandar jadi penambah selera. Setelah dijemur, mangga tidak bisa dimakan karena hanya sebagai pelengkap atau bumbu," tutupnya.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft