okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 26 Mar 2012 13:43:08 GMT | By fyulianti, okezone.com

Kurangi Pahit Pare dengan Garam



Kurangi Pahit Pare dengan Garam

PARE merupakan jenis sayuran yang meski pahit, tetap digemari banyak orang. Ternyata, rasa pahit inilah yang menjadi keunggulan pare dan cenderung tidak bisa dihilangkan.

"Kalau Anda mau hilangkan rasa pahit pare, tidak bisa karena memang sudah dari sananya. Rasa pahit pare tetap akan ada," jelas pakar kuliner Sisca Soewitomo ketika dihubungi okezone, Senin (26/3/2012).

Sisca menambahkan, meskipun tidak bisa dihilangkan, tetap ada cara untuk mengurangi pahit pada pare. Caranya, remas-remas pare dengan garam selama 10 menit atau sampai pare sedikit melemas. Kemudian, cuci pare menggunakan air.

Kadar klorofil pada pare ikut memperkuat rasa pahit. Selain itu, sayuran berwarna hijau mengandung lebih banyak serat. Karenanya sebelum dicuci, iris tipis pare terlebih dahulu.

"Meskipun mengeluarkan busa, jangan takut khawatir karena ini merupakan proses mengurangi rasa pahit pada pare," tambahnya.

Lalu, mengapa menggunakan garam? "Garam mengandung sodium. Kadar sodium itulah yang membantu mengurangi rasa pahit pare," tutupnya.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft