okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Sun, 05 Feb 2012 12:45:23 GMT | By fyulianti, okezone.com

Empat Makanan Rahasia Langsing Warga Jepang



Empat Makanan Rahasia Langsing Warga Jepang

TAMPAKNYA, jarang kita menemukan orang Jepang melakukan diet karena sebagian besar penduduknya tidak memiliki masalah berat badan. Setidaknya, ada empat menu yang mampu menjaga tubuh mereka senantiasa langsing.

Apa yang membuat mereka begitu ramping? Jawabannya bisa karena gen Asia juga karena mereka rajin olahraga. Faktanya, sebagian besar warga Jepang menggunakan transportasi umum dan kerap berjalan kaki. Namun, pola makan warga Jepang mungkin adalah alasan utama mereka menjadi bangsa yang jauh dari masalah berat badan.

Simak empat makanan yang menjaga berat badan warga Jepang, seperti dikutip Zester Daily.

Kanten

Kanten adalah agar-agar rumput laut berwarna putih dan semitransparan. Kanten dijual dalam bentuk bubuk, dikeringkan dalam strip ataupun tongkat panjang. Bahan makanan ini digunakan terutama untuk membuat jeli dalam makanan penutup di Jepang.

Kanten kering direndam dalam air agar lembut lalu direbus sampai padat atau bubuk larut. Kehebatan kanten bisa mengeras pada suhu ruangan dan kandungan seratnya mencapai 80 persen, memberikan sensasi kenyang bila dimakan.

Konnyaku

Konnyaku terbuat dari tepung ubi gajah. Makanan ini awalnya berasal dari China dan digunakan sebagai obat oleh para biarawan Budha. Mengandung mineral, serat dan protein, 97 persen konnyaku adalah air dan dikenal membantu menormalkan gula darah dan kolesterol.

Konnyaku beras dapat digunakan seperti pengganti gandum. Misalnya, dikombinasikan dengan beras biasa lalu dibumbui dengan tomat dan rempah-rempah untuk membuat paella rendah kalori. Anda dapat mengonsumsi hidangan ini tanpa perut merasa "tertipu".

Hijiki

Hijiki adalah sayuran laut liar hitam yang tumbuh di garis pantai Jepang, Korea, dan Cina. Tumbuhan ini menjadi berharga karena kandungan mineral yang kaya kalsium, magnesium, dan besi.

Hijiki daging cincang dengan crostini, misalnya, adalah masakan Jepang rasa klasik yang bahkan tidak menggunakan setetes kecap sebagai bumbunya. Bila mau mencoba, kombinasikan saja hijiki yang ditumis bersama kacang pinus, seledri, dan bawang.

Yuba

Yuba atau dadih susu kedelai adalah bagian dari kelezatan rasa kuliner Jepang. Yuba tinggi protein dan serat makanan, sering digunakan dalam masakan vegetarian (Shojin) dan dianggap sebagai dasar dari masakan Jepang. Shojin biasanya disiapkan di kuil Buddha di seluruh Jepang. Tekstur Yuba sedikit kenyal daripada kubis dan rasanya lebih ringan.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft