okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 26 Dec 2011 09:18:46 GMT | By tuty, okezone.com

Babi Guling & Ayam Betutu Suvenir Khas Denpasar



Babi Guling & Ayam Betutu Suvenir Khas Denpasar

SIAPA yang tidak mengenal kuliner babi guling dan ayam betutu? Kedua makanan nan lezat ini tengah disiapkan menjadi oleh-oleh atau suvenir bagi wisatawan yang menikmati keindahan Pulau Dewata.

Ide menjadikan babi guling dan ayam betutu menjadi oleh-oleh khas Bali berasal dari Pemkot Denpasar. Karena itu, kini berbagai upaya terus dilakukan untuk mengangkat citra dua masakan itu agar lebih dikenal wisatawan. Salah satunya lewat lomba mengolah masakan tradisional khas Bali di acara "Festival Denpasar" ke-4.

Menariknya dalam lomba ini, seluruh proses pembuatan masakan babi guling dan betutu dapat disaksikan langsung mulai dari awal. Sejak pembuatan bumbu hingga ayam dan babi (kucit) siap untuk diguling di atas arang yang telah disediakan masing_masing peserta.

Dalam lomba ini yang dinilai adalah kemampuan menciptakan rasa yang enak dan tidak menyimpang dari tradisi.

"Khusus untuk ayam betutu juga dinilai cara pengemasannya, sehingga nantinya produk olahan pangan ini dapat dijadikan oleh-oleh atau suvenir khas Kota Denpasar," tutur Ketua Panitia Denpasar Festival IGN Eddy Mulya didampingi Kabag Perekonomian Dewa Made Agung, Senin (26/12/2011).

Digelarnya perlombaan mengolah masakan tradisional khas Bali, berupa babi guling dan betutu, kata dia, karena setiap daerah memiliki tradisi dan budaya yang berbeda dari daerah lainnya.

Demikian pula halnya Bali. Bali yang dikenal sebagai daerah tujuan wisata utama para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara memiliki banyak sekali keunikan.

Budayanya yang adiluhung telah menarik berbagai bangsa dari bermacam belahan dunia untuk datang mengunjunginya. Salah satu yang dapat dinikmati wisatawan datang ke pulau dewata, selain mengunjungi objek wisata adalah masakan khas Bali, seperti babi guling dan betutu.

Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi generasi muda Denpasar dalam melestarikan makanan tradisional Bali, yakni masakan babi guling dan betutu. Kegiatan yang merupakan serangkaian "Denpasar Festival" 2011 bakal dihelat Rabu (28/12) besok, untuk betutu dan babi guling pada Kamis (29/11) mendatang. Lomba yang digelar ini sebagai wujud kepedulian Pemkot Denpasar terhadap pelestarian masakan khas Bali.

Lebih lanjut, Eddy yang juga Asisten II Pemkot Denpasar mengatakan, kegiatan ini juga secara tidak langsung ingin memberikan masukan bagi para pedagang makanan tradisional Bali, terutama pedagang makanan babi guling dan betutu dalam hal penyajian dan cita rasa.

Diakuinya, masih ada para pedagang yang menggunakan pola perilaku tradisional dalam mengelola usahanya, seperti sikap dan karakter yang kurang ramah, kurangnya kebersihan. Juga soal pola penyajian yang monoton dari hari ke hari itu-itu saja, hal seperti ini kerap membuat para pelanggan jadi bosan berbelanja.

Untuk mengatasi hal tersebut, melalui lomba ini diharapkan para pedagang dapat melihat inovasi cara penyajian maupun proses pembuatan yang ditampilkan masing-masing peserta.

Dia menambahkan, untuk kriteria penilaian meliputi persiapan, kebersihan, hegienis _ sanitasi, kerja sama tim, metode memasak, dan terpenting cita rasa masakan, serta tingkat kematangan. Penjurian melibatkan tim dari ICA (Indonesian Chef Assosiation). Lomba ini diikuti perwakilan dari seluruh desa/kelurahan yang ada di Kota Denpasar.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft