okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 16 Dec 2011 17:53:40 GMT | By tuty, okezone.com

Kecap, Penambah Lezat Hidangan



Kecap, Penambah Lezat Hidangan

KECAP ada banyak jenisnya, bukan hanya kecap manis atau asin. Ada pula kecap ikan atau yang dikenal dengan sebutan fish sauce.

Kecap ini terbuat dari fermentasi ikan dengan garam. Keunikan kecap ikan adalah rasanya yang asin dan berbau ikan. Cara pembuatannya, yakni dengan menggarami ikan yang telah dihaluskan. Ikan lalu disimpan dalam wadah tertutup rapat selama beberapa bulan.

Cairan yang dihasilkan disaring, lalu dikemas dalam botol steril dan dipasteurisasi. Di Vietnam, kecap ikan yang dikenal dengan nama nuoc mam, dibuat dari ikan kecilkecil yang telah dihaluskan, digarami, lalu disimpan dalam wadah dari tanah.

Wadah ini kemudian ditanam dalam tanah selama beberapa bulan. Umumnya, segala masakan dapat ditambahkan nuoc mam, untuk menambah kelezatan rasa masakan.

Sebutan bagi kecap ikan di setiap negara pastilah berbeda. Petis dari udang (Indonesia), nam pla dari ikan kecil Clupeidae (Thailand), patis dari udang (Filipina), shottsuru dari ikan sarden, hering, atau sisa limbah pengolahan ikan (Jepang), dan nuoc mam (Vietnam).

Lain lagi dengan kecap jamur. Kecap ini memiliki tekstur lebih encer ketimbang kecap manis. Terbuat dari jamur cincang, garam, kembang pala, bumbu ngohyong, jahe, bawang putih, kayu manis, dan brown malt vinegar.

Sama seperti pembuatan kecap ikan, bahan pokoknya lebih dulu digarami. Pada kecap ini, jamur dilumuri garam dan didiamkan selama 24 jam.

Selanjutnya, jamur dicuci bersih lalu dikeringkan, kemudian direbus dengan semua bahan lainnya.

Setelah selesai, kecap dikemas dalam botol yang sudah disterilkan. Kecap jamur digunakan pada pembuatan ayam bakar, saus jamur, juga aneka tumisan, dan sup. Kecap jenis ini memiliki aroma jamur yang khas sehingga membuat hidangan jadi lebih kaya aroma.

0Komentar

video gaya hidup

MSN Video is temporarily unavailable.
lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft