okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 08 Dec 2011 16:59:56 GMT | By tuty, okezone.com

Olahan Kentang yang Nikmat



Olahan Kentang yang Nikmat

KENTANG dikenal sebagai menu utama di banyak negara, terutama di Eropa. Dengan sedikit sentuhan dan kreasi, kentang bisa menjadi menu unggulan yang nikmat.

Hampir semua negara di dunia mengenal tumbuhan yang satu ini. Selain menjadi salah satu sumber utama karbohidrat, kentang juga memiliki manfaat yang tidak sedikit bagi manusia. Banyak menu bisa diciptakan dari tumbuhan jenis umbiumbian ini. Cara pengolahannya bisa dengan digoreng, direbus, dipanggang, atau disajikan bersama daging maupun sayur. Apa pun metode pemasakannya, kentang selalu mampu mengundang selera makan.

Menurut catatan sejarah, kentang pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat Andes, Amerika Latin.Dari sanalah kepopuleran kentang semakin "menjadi", sampai sampai restoran maupun kafe di dunia seakan berlomba untuk menyajikan menu berbahan kentang. Bahkan, di beberapa negara, tanaman yang terbagi dalam 200 spesies ini telah dijadikan makanan pokok.

Hal itu sangat beralasan, karena dengan bentuk yang sederhana saja, kentang memiliki manfaat yang amat banyak. Terutama karena kandungan gizi yang ada di dalamnya, misalkan mineral dan kalsium tinggi bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

"Kentang adalah makanan favorit masyarakat dunia sejak zaman dulu. Tanpa kehadiran kentang, acara bersantap terasa belum lengkap. Hal itu bisa ditemukan di banyak negara di dunia," kata Chef Sidik Zamzami.

Menurut Sidik, kentang menjadi hidangan favorit dari masa ke masa karena mengolahnya menjadi sebuah menu sangatlah mudah. Dalam 100 gram kentang terdapat kandungan air sebanyak 82 gram, dengan nilai protein 2 gram. Adapun kalorinya sebanyak 70 gram dan karbohidratnya 19 gram. "Kentang juga memiliki kandungan lain, seperti zat besi dan riboflavin yang cukup penting bagi tubuh," sebut chef berkelas internasional tersebut.

Proses mengolah kentang menjadi hidangan yang lezat adalah pekerjaan menyenangkan. "Menu apa pun bisa dibuat dengan bahan baku kentang. Selain itu, rasa asli kentang yang gurih juga membuat menu yang dibuat bertambah nikmat," tutur chef asli Jakarta itu lagi.

Dalam pesta besar maupun acara makan selingan, menu berbahan kentang kerap kali mudah ditemukan. Adapun yang paling umum adalah kentang goreng. "Tidak heran jika kentang goreng dengan saus sambal maupun saus tomat menjadi favorit di mana-mana. Itu karena kentang adalah makanan yang bisa dibuat ringan ataupun berat, sesuai selera masing-masing," sebut Sidik.

Untuk membuat menu berbahan baku kentang yang memiliki kualitas prima, Anda harus memperhatikan cara pengolahannya. Sebab, kentang memiliki kandungan solanin di dalamnya. Solanin adalah sejenis zat yang kadang-kadang membuat pengonsumsinya merasa mual. Membersihkan kentang sebelum diolah dan memasaknya dengan panas yang tinggi merupakan langkah tepat untuk dilakukan. Hal itulah yang menjadikan kentang menu yang benarbenar sehat dan aman dikonsumsi.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft