okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 21 Mar 2013 10:41:53 GMT | By fyulianti, okezone.com

Agar Bumbu Iga Lebih Meresap



Agar Bumbu Iga Lebih Meresap

DAGING bisa dibedakan jenisnya berdasarkan potongannya. Salah satunya iga, yang menjadi pilihan untuk diolah dalam banyak menu.

Daging iga bisa diolah dalam menu sup, digoreng, juga dibakar. Variasiakan tampilan dan rasanya dengan berbagai saus rendaman maupun cocolan.

Sebelum menyulapnya menjadi masakan lezat, penting untuk Anda memahami cara mengempukkan daging sehingga bumbu bisa meresap sempurna. Berikut trik-trinya:

1. Sebelum diolah, lumuri iga dengan nanas parut dan diamkan selama 20 menit atau dibalut dengan daun pepaya agar cepat empuk.

2. Rebus (blanching) dalam air mendidih, diamkan beberapa menit, dan angkat. Buang semua air rebusan, khususnya busa hitamnya dan lemak yang berbau amis.

3. Goreng iga sampai kecoklatan. Jika Anda menggunakan iga lokal, setelah di-blanching, ganti air dengan yang baru, rebus lagi di atas api kecil sampai daging lunak. Kalau Anda menggunakan iga impor, setelah blanching, tidak perlu direbus lagi. Langsung lumuri bumbu dan diamkan sekira 2-3 jam agar meresap. Setelah itu daging siap diolah.

4. Hilangkan bau amis dengan menambahkan pala, kayu manis, dan kapulaga. Jika tak suka, gunakan sedikit saja lalu tambahkan kecap manis dan kecap asin.

5. Sangrai dulu kemiri dan ketumbar agar tidak berbau lalu tumis bumbu halus sampai matang. Masak terus daging sambil sesekali ditambahkan air agar bumbu dapat meresap sempurna. Jangan lupa tambahkan cairan (santan atau air) sedikit-sedikit agar kuah kental seperti saus dan tidak mudah basi.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft