okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 03 Dec 2012 04:17:04 GMT | By fyulianti, okezone.com

8 Cara Mengolah Tomat



8 Cara Mengolah Tomat

TOMAT biasanya hanya untuk hiasan atau pemberi warna cantik pada makanan, jarang digunakan sebagai bahan utama. Kenali beragam menu yang biasa dibuat dari tomat untuk menambah variasi olahan Anda.

Tomat bertekstur lembut sehingga mudah hancur bila tidak diolah dengan benar. Jika selama ini hanya untuk sambal atau saus pasta, berikut beberapa cara mengolah tomat menjadi makanan sedap, seperti dilansir Readerdigerst:

1. Campurkan satu buah tomat bersama daun kemangi, buah zaitun kecil, ikan asin, oregano, peterseli cincang, serta irisan halus adas. Dengan cara ini, Anda bisa menyajikan salad caprese di rumah.

2. Cara lain dalam membuat salad, potong tomat kemudian beri sedikit garam untuk menarik keluar juicy tomat. Kalau mau membuat saus tomat, pilih tomat matang dan manis. Periksa benar kondisi tomat yang akan dibeli, hindari yang sudah memiliki tanda memar.

3. Tempatkan tomat ke dalam loyang bersama beberapa buah zaitun yang bisa didapatkan di supermarket. Beri juga kentang yang dibelah dua. Tuangkan sedikit minyak zaitun, bawang putih, rosemary segar, dan garam kemudian panggang sampai kentang berubah warna menjadi cokelat keemasan dan buah zaitun sudah berkerut.

4. Untuk membuat pasta yang cepat dan mudah, caranya campurkan tomat dan tuna kalengan ke dalam mangkuk lalu beri irisan daun kemangi segar dan parutan keju parmesan. Jika sudah, masukkan pasta yang telah direbus, sirami dengan minyak zaitun, aduk rata.

5. Potong tomat menjadi dua kemudian berikan daun thyme segar, garam, dan gula. Panggang selama 40 menit. Sirami dengan minyak zaitun. Kalau sudah matang, berikan sosis yang sudah dipanggang.

6. Aduk tomat yang sudah dipotong dadu bersama sentuhan air jeruk lemon serta peterseli. Pilih tomat yang disimpan pada suhu ruangan karena dengan cara ini, warna merah tomat akan lebih kelihatan dan terasa manis. Sajikan dengan ikan atau ayam bakar.

7. Untuk sekadar camilan, tomat juga bisa diolah. Caranya, potong tomat berbentuk dadu, beri bawang merah, dan aduk. Tambahkan pula dengan daun oregano secukupnya. Bumbui dengan garam dan lada hitam. Kasih minyak zaitun dan roti yang sudah dipanggang, taburi dengan sedikit paparika bubuk.

8. Bagi yang suka masak cepat, cukup campur tomat yang sudah dicincang kasar dan segenggam peterseli cincang, daun mint, daun bawang, minyak zaitun, serta sedikit cuka.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft