okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 17 May 2013 04:05:22 GMT | By fyulianti, okezone.com

5 Bahan Pokok Ini Bisa Bertahan Lama, Asalkan...



5 Bahan Pokok Ini Bisa Bertahan Lama, Asalkan...

MUNGKIN Anda tidak pernah berpikir jika bahan pokok di dapur seperti tepung, baking soda, minyak dan mentega tidak memiliki kedaluwarsa. Namun, nyatanya kesegaran mereka tidak lebih dari setahun dan Anda harus tahu bagaimana menyimpannya.

Berikut tips menyimpan bahan makanan di dapur agar bertahan lebih lama, seperti diulas Inthepantry:

Tepung

Jika Anda menganggap tepung tidak memiliki tanggal kedaluwarsa, itu salah. Kenyataannya, tepung juga memiliki daya tahan, tergantung bagaimana Anda menyimpannya.

Sebaiknya simpanlah tepung di dalam wadah kedap udara lalu masukkan ke dalam lemari es atau freezer. Tepung yang disimpan di dapur akan berlangsung hingga enam bulan, tetapi jika Anda menyimpannya di dalam freezer maka bisa bertahan hingga setahun. Jangan lupa untuk menulis tanggal kadaluwarsa dalam wadah penyimpanan.

Mentega

Mentega memiliki daya tahan sekitar dua minggu. Untuk menjaga kesegaran mentega lebih lama, simpan mentega dengan ukuran perporsi di lemari es. Sisanya yang belum akan digunakan, masukkan ke dalam freezer maka akan bertahan hingga sebulan.

Baking soda

Pisahkan baking soda yang akan digunakan sebagai penyegar udara kulkas dan yang akan digunakan dalam resep. Sebagai penyegar udara di kulkas, gantilah baking soda setiap 30 hari.

Sementara untuk bahan kue, pastikan lama penyimpanan tidak lebih dari 3 bulan dari tanggal pembelian. Jika Anda bingung memastikan apakah baking soda Anda masih baik, masukkan satu sendok baking soda ke mangkuk kecil yang berisi air panas dan aduk. Jika terdapat gelembung dan bersuara gas, berarti masih segar.

Biji-bijian, pasta, dan beras

Biasanya daya tahan kesegaran bahan makanan ini hanya enam bulan jika disimpan di dapur. Namun, pasta gandum dan beras memiliki umur simpan yang lebih pendek, yaitu hanya sekitar tiga bulan.

Minyak

Minyak akan berbau tengik jika disimpan lebih dari enam bulan. Simpan minyak dalam wadah gelap dan di tempat gelap jauh dari panas. Jika Anda jarang menggunakan minyak, maka simpan dalam lemari es di mana daya tahannya hingga delapan bulan. Atau, simpan di dalam freezer karena dapat bertahan hingga setahun. Perlu diingat, minyak zaitun akan menjadi padat jika dingin, jadi sebaiknya keluarkan di suhu ruangan sebelum digunakan. (uky)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft