okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Sun, 05 May 2013 01:51:55 GMT | By fyulianti, okezone.com

4 Trik Buat Roti Pisang Sehat & Lezat



4 Trik Buat Roti Pisang Sehat & Lezat

BILA pisang Anda terlanjur masak, maka salah cara mengolahnya agar tidak terbuang adalah membuat roti pisang. Untuk rasa yang lebih lezat dan sehat, ubah resep dengan trik masak sehat.

Berikut trik terbaik untuk membuat roti pisang sehat dan lezat, seperti diulas Eatingwell:

Gunakan gula merah

Cobalah menggunakan gula sesedikit mungkin untuk roti pisang Anda. Hasilnya, rasa manis pada roti akan terasa alami dari pisang dan terasa lembut. Jadi, dalam resep meminta dua pisang berukuran sedang, ubahlah dengan menggunakan tiga pisang. Hasilnya, roti pisang lebih lembut dan semakin kuat rasa pisangnya dan jangan khawatir karena roti panggang Anda akan baik-baik saja.

Sebaiknya pilih gula merah. Gula ini akan menambah rasa lebih dalam dan lebih karamel untuk roti Anda dibandingkan gula pasir di mana rasanya kurang bernuansa.

Gunakan tepung terigu gandum utuh

Ganti tepung terigu dengan tepung terigu dari gandum utuh. Umumnya, setidaknya setengah komposisi tepung terigu yang diminta dalam resep bisa diganti dengan tepung gandum utuh. Namun, Anda bisa juga mengganti keseluruhan tepung terigu dengan tepung gandum utuh.

Selain lebih sehat, rasanya lebih nutty jika menggunakan tepung gandum utuh. Kandungan serat dari tepung gandum utuh empat kali lipat dibandingkan tepung terigu biasa, mengandung kalium, magnesium dan seng.

Tambahkan Buah Sehat dan Kacang

Selain menambah jumlah pisang dalam resep roti, Anda juga bisa mencampur berbagai jenis buah-buahan dan kacang-kacangan dalam resep roti pisang Anda. Hasilnya, tekstur, rasa dan manfaat kesehatan semakin bertambah pula.

Jika Anda ingin menambahkan buah, sebaiknya pilih dengan rasa asam, seperti blueberry. Tambahkan sekira 1 1/2 cangkir blueberry untuk roti pisang Anda, tambahkan setelah bahan basah dan kering tercampur rata.

Sementara untuk kacang, gunakan 1/2 cangkir kenari panggang yang telah dicincang kasar. Campur ke dalam adonan sebelum dipanggang untuk menambah rasa pedas dan rasa crunchy pada roti panggang Anda. Kacang ini mengandung lemak omega-3 baik, yang bisa membantu menurunkan kolesterol "jahat" LDL. Kacang kenari mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

Kurangi mentega dan perbanyak buttermilk

Buttermilk memberikan rasa fantastis pada roti pisang. Dengan menggunakan campuran 1 cangkir buttermilk tanpa lemak ditambah 2 sdm minyak kanola, Anda dapat membuat roti pisang yang hampir tidak mengandung mentega. Anda hanya membutuhkan 2 sdm, jumlah yang sangat sedikit. Selain rasanya tajam dan menyenangkan, buttermilk membantu menjaga roti tetap lembap selama proses pemanggangan. (ind)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft