okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 02 Jul 2012 04:50:13 GMT | By fyulianti, okezone.com

24 Jam, Batas Waktu Simpan Jus Buah



24 Jam, Batas Waktu Simpan Jus Buah

JUS buah menjadi pilihan menyegarkan dan menyehatkan di hari panas terik. Perhatikan tips minum jus buah untuk memertahankan gizinya.

"Jus dari buah yang masih segar, batas penyimpanannya 24 jam, kurang dari itu tentu lebih baik," kata Leonardus, Executive Chef Hotel Mercure, kepada Okezone di Jakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, kesegaran buah justru didapat saat masih baru dipotong dan dijus. "Kalau Anda temukan jus buah bisa bertahan lebih dari 24 jam, maka itu sudah diberi pengawet. Secara logika, tidak mungkin jus buah bisa disimpan dalam waktu lama," imbuhnya.

Perbedaan mencolok juga terjadi pada rasa dan penampilan. Jus buah akan menjadi semakin asam dan mengandung banyak busa. Chef Leonardus menegaskan, meskipun jus buah disimpan dalam lemari es selama lebih dari satu hari, jus tetap akan cepat terkontaminasi karena tidak adanya penahan dari kulit buah.

"Buah kalau sudah diolah menjadi jus, maka kadar pori-pori buah sudah menyatu dengan kandungan airnya. Karena buah memiliki kandungan air yang tinggi, bakteri pun mudah berkembang biak," tutupnya.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft