okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Sat, 09 Jun 2012 17:44:05 GMT | By fyulianti, okezone.com

14 Makanan Jaga Tubuh Berenergi (I)



14 Makanan Jaga Tubuh Berenergi (© I)

RASA kantuk biasanya muncul usai kita bersantap siang. Penyebabnya bukan karena faktor kurang tidur, tapi asupan makanan ikut memengaruhi.

Urusan mengonsumsi makanan haruslah turut memerhitungkan kebutuhan energi tubuh. Faktanya, asupan makanan berkadar lemak dan kalori tinggi akan membuat Anda mudah lelah karena memerlukan banyak energi untuk mencernanya.

Untuk tetap waspada sepanjang hari, mulai dengan membuat pilihan makanan yang cerdas demi kebutuhan bahan bakar tubuh. Di bawah ini adalah beberapa makanan yang akan memberikan energi untuk Anda, seperti dilansir Womansday:

Karbohidrat

Karbohidrat memiliki reputasi buruk, terutama bagi para pediet. Penting untuk dicatat bahwa tidak semua karbohidrat adalah buruk. Karbohidrat memberikan bahan bakar untuk tubuh dalam bentuk glukosa, yang merupakan sumber energi otak dan sistem saraf terbaik. Guna mendapatkan energi, cukup konsumsi biji-bijian seperti pada buah-buahan dan sayuran.

Beras merah

Sumber makanan pokok ini kaya mineral sehingga akan membantu Anda menghasilkan energi dari protein dan karbohidrat. Energi tubuh pun akan terjaga sepanjang hari. Beras merah juga merupakan bahan serbaguna, yang bisa disajikan dengan lauk maupun sayuran.

Ubi jalar

Ubi jalar tinggi karbohidrat dan sarat beta-karoten (vitamin A), bahkan bisa membantu melawan kelelahan di tengah hari. Rasa manis alaminya juga tidak berlebihan. Ubi jalar bisa diolah dengan cara ditumbuk ataupun dipotong dalam beragam bentuk sesuai selera. Cara yang lebih gurih, ubi jalar bisa diolah mirip kentang goreng.

Madu

Konsumsi madu setiap hari akan memberikan energi untuk tubuh. Pemanis alami ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar otot selama Anda olahraga dan membantu mengisi kembali otot seusai olahraga. Agar tidak jenuh, berikan madu sebagai pemanis yogurt ataupun untuk teh.

Buah-buahan

Buah bisa membuat tubuh mendapatkan energi dengan mudah. Kebanyakan buah dapat dicerna dalam waktu kurang dari 30 menit, tubuh pun akan cepat mendapatkan gizi.

Pisang

Pisang adalah makanan pemberi energi alami yang mudah didapat. Konsumsilah pisang bisa dengan selai kacang atau mentega almond sebagai topping. Potongan pisang juga bisa disantap bersama sereal untuk sarapan, tubuh pun bisa memiliki energi ekstra hingga waktu makan siang tiba.

Apel

Buah apel memiliki kadar serat, yang tinggi terlebih apel memiliki waktu lebih lama untuk dicerna, biar menambah energi Anda cukup konsumsi apel ditambah dengan keju.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft