Updated: Tue, 27 Dec 2011 20:12:41 GMT | By Ogahrugi.com, .

Mengapa Tak Boleh Minum Obat Bersama Kopi?

Minum obat tidak boleh dibarengi dengan kopi, karena kafein yang terdapat di kopi dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat.


Tak cuma berdampak buruk pada jantung, minum obat bersamaan dengan kopi menyebabkan obat menjadi sulit diserap, sehingga membutuhkan waktu tambahan.

Tak cuma berdampak buruk pada jantung, minum obat bersamaan dengan kopi menyebabkan obat menjadi sulit diserap, sehingga membutuhkan waktu tambahan.

Kalau Anda pernah mendengar nasihat, "Jangan minum obat dengan kopi", maka Anda harus ikuti betul nasihat itu. Seperti dikutip kompasfemale.com, dr Alyya Siddiqa, SpFK, dokter spesialis farmakologi klinik dan dosen di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta menyatakan kafein yang terdapat di kopi dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat.

Beberapa contoh obat yang berinteraksi dengan kopi adalah efedrin dan fenilpropanolamin, yang terkandung dalam obat flu atau obat untuk mengatasi gejala hidung tersumbat. Kedua obat ini memiliki efek meningkatkan kerja jantung. Bila Anda langsung minum kopi, maka kadar kafein dalam darah akan segera melonjak. Ini sangat tidak baik dampaknya bagi jantung.

Tak cuma berdampak buruk pada jantung, minum obat bersamaan dengan kopi menyebabkan obat menjadi sulit diserap, sehingga membutuhkan waktu tambahan. Sesaat setelah diminum, obat akan masuk ke dalam lambung dan kemudian ke usus halus untuk diserap menuju pembuluh darah. Banyak obat yang penyerapannya terganggu akibat dikonsumsi dengan makanan atau minuman.

Agar kedua dampak tersebut tidak dialami, sebaiknya setiap hanya minum air putih setiap mengkonsumsi obat. Hindari kopi, teh, jus, susu, dan minuman bersoda.

Related Stories:
Bayangkan Taman Saat Anda Insomnia
Perfect Cover Prestige BB Cream Disukai Wanita Asia
Wisata Menyenangkan dengan NEWCITY Tour
Makanlah Sebelum Mengkonsumsi Wine
Jalan Kaki, Olahraga Segala Usia
Jangan Langsung Makan Jika Lapar Saat Tidur
Jeans Terlalu Ketat Bisa Merusak Saraf Kaki
Tampil Baru di Leonard Salon and Bridal
Pijat Sebaiknya Seminggu Sekali

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

Berita makanan sehat lain

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft