Merdeka Nutrisi News Feed
Updated: Mon, 22 Apr 2013 02:33:00 GMT | By Merdeka Nutrisi News Feed

5 Alasan untuk lebih banyak makan makanan pahit



Berita Satu

MERDEKA.COM,

Semua orang pasti tak suka dengan makanan yang terasa pahit. Namun makanan pahit ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa alasan untuk lebih banyak makan makanan pahit, seperti dilansir oleh Third Age (19/04).

1. Mengurangi ketagihan gula

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa berbahaya bagi tubuh, terutama jika Anda memiliki masalah mengontrol gula darah. Untuk mencegah kecanduan gula, ada baiknya Anda mulai sering makan-makanan pahit.

2. Membantu pencernaan

Makanan pahit membantu reseptor rasa di lidah yang akan meningkatkan produksi enzim pencernaan dalam tubuh. Semakin baik pencernaan makanan, semakin banyak juga nutrisi yang bisa diserap tubuh.

3. Menghilangkan racun dari lever

Kesehatan lever bisa menentukan usia anda. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan lever adalah dengan mengonsumsi makanan pahit. Beberapa sayuran pahit seperti kale, dan lainnya mengandung phytonutrien yang bisa mendukung lever melakukan tugasnya seperti menjaga tingkat kolesterol, menyeimbangkan hormon, menghilangkan racun dari darah dan metabolisme lemak.

4. Mengandung banyak vitamin dan mineral

Sayuran pahit merupakan sumber nutrisi yang paling baik. Sayuran pahit mengandung vitamin A, C, dan K serta mineral seperti kalsium, potasium, dan magnesium. Makanan pahit juga kaya foliate dan serat, serta rendah lemak dan sodium.

5. Melawan radikal bebas

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan pahit, termasuk cokelat pahit bisa melawan radikal bebas dalam tubuh. hasilnya, Anda akan terhindar dari kanker atau penyakit saraf.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus lebih banyak makan makanan pahit. Meski tak terasa enak di lidah, namun ingat khasiatnya yang besar bagi kesehatan tubuh Anda.

Sumber: Merdeka.com

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft