Thu, 26 Jul 2012 16:08:47 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Menikmati Nuansa Arsitektur Islam di Spanyol

Sejumlah kota besar di Spanyol, seperti Cordova, Sevilla, Granada, dan Toledo, masih memiliki peninggalan bangunan bersejarah yang memiliki nuansa Arabia yang begitu kental.


Menikmati Nuansa Arsitektur Islam di Spanyol

ISLAM pertama kali masuk ke Spanyol pada tahun 711 M melalui jalur Afrika Utara. Saat itu, Spanyol masih disebut dengan nama semenanjung Iberia yang meliputi Spanyol dan Portugal.

Setelah Islam merambah hingga jazirah Iberia, nama kawasan ini pun berganti menjadi Andalusia. Selama delapan abad menetap di Andalusia, kaum muslimin telah banyak memberi pengaruh terhadap kebudayaan di negeri itu.

Sejumlah kota besar di Spanyol, seperti Cordova, Sevilla, Granada, dan Toledo, masih memiliki peninggalan bangunan bersejarah yang memiliki nuansa Arabia yang begitu kental.

Puncak kejayaan budaya Islam di Spanyol ditandai dengan pembangunan Alhambra, sebuah benteng yang terletak di kota Granada. Bangunan yang didirikan di abad ke-14 itu dirancang dengan banyak ruang terbuka dan interior yang didominasi warna merah, biru, dan keemasan. Dindingnya dihias dengan motif dedaunan dan kaligrafi yang memperkental nuansa Islami pada bangunan bersejarah itu.

Bangunan lain yang sanggup bertahan hingga kini ialah Masjid Cristo de La Luz atau yang sekarang dikenal dengan sebutan Mezquita Bab Al-Mardum. Masjid ini dibangun pada tahun 999 di kota Toledo. Walau ukurannya mungil, masjid ini dihias dengan ukiran batu yang menggambarkan nuansa arsitektur Arabia. Ukiran ini juga tergambar di bagian dalam ruangan yang diwakili oleh ukiran lengkung di bagian langit-langit.

Berkunjung ke Spanyol tak lengkap rasanya jika belum singgah di Katedral Mezquita yang terletak kota Cordoba. Katedral ini awalnya dibangun sebagai masjid bernama Great Mosque of Cordoba yang kemudian dialihfungsikan menjadi katedral. Mezquita dibangun dengan interior cantik dengan mozaik dan kaligrafi bernuansa Islami. Hal ini tak lepas dari peran bangsa Moor yang memperkenalkan Islam di negeri matador itu.

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

Berita Makanan Sehat Lain

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft