Tue, 08 Nov 2011 01:06:32 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Banyak Bersyukur Membuat Tubuh Lebih Sehat

banyak bersyukur dan berpikir positif dapat membawa pengaruh baik bagi kesehatan, mood, hingga hubungan dengan pasangan.


Banyak Bersyukur Membuat Tubuh Lebih Sehat

JALANAN macet, bencana alam yang memakan banyak korban, dan harga bahan pokok semakin melambung. Terlalu banyak hal yang membuat Anda mengeluh dan bersedih sepanjang hari.

Tapi tahukah Anda, banyak bersyukur dan berpikir positif dapat membawa pengaruh baik bagi kesehatan, mood, hingga hubungan dengan pasangan.

Sebuah studi yang dipimpin Robert A. Emmons, Ph.D., dari University of California, mengamati hubungan antara kebahagiaan dengan kondisi kesehatan seseorang. Dalam riset ini, tim peneliti meminta para respondennya untuk mengisi buku harian selama 10 minggu. Buku harian ini berisi lima hal yang mereka syukuri yang terjadi minggu lalu. Hasilnya, para responden terbukti 25 persen lebih bahagia dari sebelumnya. Mereka juga menunjukkan kondisi tubuh yang lebih bugar ketimbang orang-orang yang kurang bersyukur atas apa yang dialaminya.

“Riset ini menunjukkan bahwa rasa bersyukur dapat membawa efek yang luar biasa dari segi fisik dan psiko-sosial,” tutur Rita Justice dari University of Texas Health Science Center, seperti dikutip Huffington Post.

Ingin merasakan khasiat yang sama seperti para responden dalam penelitian ini? Motivator Ocean Robbins berbagi tiga aktivitas sederhana yang dapat meningkatkan rasa bersyukur dan positive thinking Anda, seperti dipaparkan dalam bukunya, The Power of Partnership.

1. Buatlah buku harian yang berisi tiga hal yang Anda syukuri setiap harinya. Buat daftar ini di pagi hari atau sebelum tidur di malam hari. Saat Anda mengingat hal-hal yang membuat Anda bersyukur, Anda akan merasakan mood baik yang membuat hari-hari Anda menyenangkan dan tidur yang lebih nyenyak.

2. Syukuri kehadiran orang-orang terdekat Anda, seperti keluarga, pasangan, dan sahabat. Tunjukkan rasa syukur Anda dengan berterima kasih untuk apa yang telah mereka lakukan kepada Anda.

3. Bercerminlah dan ingat hal terakhir yang membuat Anda bangga, seperti berhasil menyelesaikan tugas yang rumit atau membuat masakan favorit pasangan. Pikirkan pula apa yang Anda sukai dalam diri Anda sendiri. Dengan begini, Anda dapat mengetahui apa saja kekuatan yang Anda miliki.

(rere/ade)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

Berita Kebugaran Lain

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Pergi subuh pulang malam, sudah menjadi rutinitas masyarakat urban. Tapi, kesibukan beraktivitas tak menghalangi sebagian masyarakat untuk tetap bisa menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolahraga. Tak heran bila kini nge...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Saat bercinta dengan pasangan, tiba-tiba istri mengeluarkan air seni bersamaan dengan datangnya orgasme.Mengapa ya hal ini bisa terjadi? Apakah itu normal? Berikut jawaban dari Dr. Febriansyah Darus, SpOG.Saat wanita men...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Menurut Lisa Shives, M.D, seorang sleep specialist, saat Anda tidak bisa tidur, "your mind always turning on itself."Agar pikiran tak terus-menerus teraktivitasi di malam hari, coba jawab 12 pertanyaan berikut ini.7. Kap...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasanya tak ada yang lebih menyebalkan daripada rencana yang buyar lantaran hal sepele.Besok, Anda ingin tampil maksimal saat meeting, makanya Anda telah memersiakan segala detail materi rapat, memilih work clothes yang ...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasa lelah pasti akan dirasakan saat kita melakukan sebuah pekerjaan yang menyita pikiran dan tenaga. Jika Anda masih merasa selalu lelah dan merasa kondisi ini agak tidak normal, sebaiknya mulai waspada.Kami sarankan un...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft