Sat, 15 Oct 2011 01:03:11 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Bagaimana Cara Menyingkirkan Depresi?

Bermula dari sebuah masalah, lalu berkembang menjadi stress dan berakhir dengan depresi, kondisi mental yang satu ini dapat menganggu keseimbangan hidup Anda.


Bagaimana Cara Menyingkirkan Depresi?

SUDAH bukan rahasia lagi, depresi telah menjadi salah satu kondisi psikis paling berbahaya yang menjangkiti jutaan orang di dunia.

Bermula dari sebuah masalah, lalu berkembang menjadi stress dan berakhir dengan depresi, kondisi mental yang satu ini dapat menganggu keseimbangan hidup Anda.

Hidup memang tak selalu mulus. Selalu ada kesedihan, kekuatiran, keraguan, penolakan, dan rasa pesimis yang dapat muncul sewaktu-waktu.

Deepak Chopra, pakar medis dan psikologi sekaligus motivator ternama, berbagi cara untuk mengendalikan mood agar tidak berlanjut menjadi depresi.

Berikut ini beberapa tips dari Chopra, seperti dikutip dari Huffington Post.

- Segera mencari pertolongan orang lain saat Anda mulai merasakan gejala depresi.

- Jaga kesehatan tubuh dengan baik, salah satunya lewat berolahraga.

- Tidur yang cukup, minimal 8 jam di malam hari.

- Kenali situasi yang dapat memicu stress, seperti pertengkaran dengan pasangan, kematian, atau kegagalan dalam merealisasikan suatu rencana. Sadari apa pengaruhnya bagi Anda dan jangan tunggu hingga luka dalam hati Anda perlahan-lahan membesar.

- Hindari bereaksi berlebihan saat menghadapi masalah. Anda mungkin kecewa atau marah, tapi berusaha untuk tetap tenang dan rileks saat berhadapan dengan masalah akan membuat Anda lebih mudah menyelesaikannya.

- Luangkan waktu bersama orang-orang terdekat yang dapat membuat Anda kembali ceria. Hindari kontak dengan orang-orang yang membuat mood Anda turun, termasuk orang yang berkaitan dengan masalah yang Anda hadapi.

- Kurangi penggunaan obat-obatan anti-depresi dan perbanyak terapi seperti yoga atau konsultasi dengan psikiater untuk menghilangkan depresi. Obat-obatan medis dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh Anda.

- Berbagilah dengan orang-orang yang Anda percaya. Memendam masalah seorang diri hanya akan membuat masalah Anda semakin menumpuk.

- Berkonsultasi dengan orang lain yang pernah menghadapi masalah yang sama merupakan salah satu solusi terbaik. Selain dapat membantu Anda menyelesaikan masalah, Anda juga akan semakin yakin bahwa ada orang lain yang mampu survive dari persoalan yang membelit Anda selama ini.

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

Berita Kebugaran Lain

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Pergi subuh pulang malam, sudah menjadi rutinitas masyarakat urban. Tapi, kesibukan beraktivitas tak menghalangi sebagian masyarakat untuk tetap bisa menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolahraga. Tak heran bila kini nge...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Saat bercinta dengan pasangan, tiba-tiba istri mengeluarkan air seni bersamaan dengan datangnya orgasme.Mengapa ya hal ini bisa terjadi? Apakah itu normal? Berikut jawaban dari Dr. Febriansyah Darus, SpOG.Saat wanita men...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Menurut Lisa Shives, M.D, seorang sleep specialist, saat Anda tidak bisa tidur, "your mind always turning on itself."Agar pikiran tak terus-menerus teraktivitasi di malam hari, coba jawab 12 pertanyaan berikut ini.7. Kap...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasanya tak ada yang lebih menyebalkan daripada rencana yang buyar lantaran hal sepele.Besok, Anda ingin tampil maksimal saat meeting, makanya Anda telah memersiakan segala detail materi rapat, memilih work clothes yang ...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasa lelah pasti akan dirasakan saat kita melakukan sebuah pekerjaan yang menyita pikiran dan tenaga. Jika Anda masih merasa selalu lelah dan merasa kondisi ini agak tidak normal, sebaiknya mulai waspada.Kami sarankan un...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft