Wed, 31 Aug 2011 16:47:36 GMT | By Editor Wida Kriswanti, tabloidbintang.com

Merenungi Kembali Esensi Perayaan Idul Fitri, Bermaaf-maafan, Jangan Menunggu Lebaran

LEBARAN. Apa yang tebersit dalam benak mendengar kata itu? Kebanyakan orang menyebutnya sebagai momen pulang kampung, silaturahim, dan bermaafan dengan orangtua, keluarga, sanak saudara, dan teman-teman.


Merenungi Kembali Esensi Perayaan Idul Fitri, Bermaaf-maafan, Jangan Menunggu Lebaran

LEBARAN. Apa yang tebersit dalam benak mendengar kata itu? Kebanyakan orang menyebutnya sebagai momen pulang kampung, silaturahim, dan bermaafan dengan orangtua, keluarga, sanak saudara, dan teman-teman.

Sebagian lainnya memerinci hal-hal yang sepatutnya mengiringi perayaan Lebaran. Seperti kue-kue, baju baru, atau ketupat dan opor ayam. Sisanya mengidentikkan lebaran dengan situasi jalur mudik yang macet gila-gilaan.

“Semua keriuhan itu menjadi satu bentuk sukacita yang begitu luar biasa khususnya bagi masyarakat Indonesia,” ungkap Anggia Chrisanti Wiranto, konselor dan terapis EFT (emotional freedom technique) di biro psikologi Westaria (www.westaria.com).

“Ya, karena faktanya, perayaan Lebaran atau Idul Fitri di setiap negara ternyata berbeda. Di Indonesia, sayangnya, lebih banyak perayaan yang bersifat tradisi dibanding yang hakiki,” imbuhnya.

Apalagi masyarakat Indonesia terkenal dengan sifat kekeluargaan dan juga nuansa kedaerahan yang kental. Tinggal di negara yang sama pun, di Indonesia, masing-masing punya tradisi perayaan Lebaran sendiri.

Lantas di mana letak salah persepsinya? Ada baiknya kita memahami lebih dulu esensi perayaan Idul Fitri. Selama ini, silaturahim di kala Lebaran, dengan seluruh pengorbanan materi, fisik, dan segalanya, ditujukan untuk meraih momen bermaaf-maafan. Tenyata itu salah.

“Ternyata, seharusnya 'kewajiban' untuk saling bermaafan itu bukan di hari Lebaran. Melainkan ketika sebelum memasuki bulan suci Ramadan,” ujar Anggia.

Dalam analoginya, bulan Ramadan adalah medan perang yang mana, jika kita mampu menyelesaikan dengan baik – bukan sekadar menahan lapar dan dahaga – maka hadiahnya adalah menjadi suci kembali (Idul Fitri) atau juga disebut sebagai hari kemenangan. Menang dalam medan pertempuran.

“Ketika sudah menang dan dinyatakan suci kembali, lalu untuk apa bermaaf-maafan lagi?” tukasnya.

Asumsinya, suci dan bersih juga dari dosa dan salah. Karena itulah, saling bermaafan yang selama ini (dilakukan kebanyakan orang) dilakukan di Hari Lebaran, seharusnya dilakukan sebelum memasuki Ramadan.

“Jadi saat Lebaran tiba, itulah momen di mana kita merayakan kemenangan. Bukan lagi berfokus pada tujuan saling bermaafan,” terang Anggia.

Tapi agak sulit untuk saling bermaafan sebelum memasuki Ramadan. Entah karena feel-nya belum dapat atau kendala teknis. Seperti diketahui, tidak ada hari libur sebelum Ramadan. Untuk mereka yang terpisah jauh dengan orangtua dan kerabat, hanya bisa melakukan bermaafan melalui perantara, dengan bantuan teknologi seperti telepon atau SMS, dan lainnya.

“Untuk saat ini tidak apalah bermaafan sebelum Ramadan melalui perantara dulu. Nanti ketika Lebaran (libur nasional/cuti bersama) tiba, tinggal kita bersilaturahim dan memperpanjang tali kasih sayang,” pungkas Anggia.

Nah, bagi yang bermaaf-maafannya menunggu Hari Lebaran, dan itu pun sekadar formalitas, harus sangat dipertanyakan, pantaskah Anda mencapai hari kemenangan dan suci kembali? Ayo, lakukan sekarang juga mumpung masih ada waktu satu minggu lagi.

(wida/gur)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

Berita Kebugaran Lain

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Pergi subuh pulang malam, sudah menjadi rutinitas masyarakat urban. Tapi, kesibukan beraktivitas tak menghalangi sebagian masyarakat untuk tetap bisa menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolahraga. Tak heran bila kini nge...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Saat bercinta dengan pasangan, tiba-tiba istri mengeluarkan air seni bersamaan dengan datangnya orgasme.Mengapa ya hal ini bisa terjadi? Apakah itu normal? Berikut jawaban dari Dr. Febriansyah Darus, SpOG.Saat wanita men...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Menurut Lisa Shives, M.D, seorang sleep specialist, saat Anda tidak bisa tidur, "your mind always turning on itself."Agar pikiran tak terus-menerus teraktivitasi di malam hari, coba jawab 12 pertanyaan berikut ini.7. Kap...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasanya tak ada yang lebih menyebalkan daripada rencana yang buyar lantaran hal sepele.Besok, Anda ingin tampil maksimal saat meeting, makanya Anda telah memersiakan segala detail materi rapat, memilih work clothes yang ...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasa lelah pasti akan dirasakan saat kita melakukan sebuah pekerjaan yang menyita pikiran dan tenaga. Jika Anda masih merasa selalu lelah dan merasa kondisi ini agak tidak normal, sebaiknya mulai waspada.Kami sarankan un...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft