Sun, 21 Apr 2013 07:49:50 GMT | By Editor Rizki Adis Abeba, tabloidbintang.com

10 Strategi Promosi Diri Agar Wawancara Kerja Tak Sia-sia

Berikut ini 10 strategi promosi diri yang bisa Anda lakukan usai wawancara kerja.


10 Strategi Promosi Diri Agar Wawancara Kerja Tak Sia-sia

PROSES wawancara kerja mungkin sudah Anda lewati. Tetapi kesempatan Anda memberikan kesan baik terhadap perusahaan incaran belum selesai.

Berikut ini 10 strategi promosi diri yang bisa Anda lakukan usai wawancara kerja, agar perusahaan tak bisa melupakan Anda.

1. Tunjukkan Anda Sangat Antusias BekerjaKetika wawancara usai, jangan meninggalkan ruangan dengan hening yang panjang. Manfaatkan saat singkat itu untuk meyakinkan pewawancara, Anda bersungguh-sungguh terhadap lamaran Anda di perusahaannya. Paling tidak katakan, “Saya akan sangat senang bila bisa berkontribusi di perusahaan ini dan saya berharap Anda memilih saya.”

2. Bersiap untuk Tahap SelanjutnyaAnda tentu tak ingin proses lamaran kerja berakhir di ruang wawancara. Tanyakan kepada pewawancara, bagaimana dan kapan kira-kira Anda akan dihubungi lagi? Pastikan sekali lagi mereka masih menyimpan kontak Anda. Atau Anda bisa mengingatkan kembali nomor ponsel dan alamat surel lengkap Anda. Katakan, Anda siap dikabari sewaktu-waktu.

3. Tepati JanjiKalau-kalau ada sesuatu yang tertinggal di wawancara kerja itu, misalnya Anda lupa menyertakan foto atau dokumen lain yang dibutuhkan, lantas Anda berjanji mengantarnya esok hari, pastikan Anda tak meleset satu menit pun dari waktu yang Anda janjikan.

4. Jangan Berusaha Mengubah KeputusanKatakan setelah wawancara hari itu pihak personalia ingin Anda kembali datang untuk wawancara lanjutan di hari yang ditentukan. Jika tidak ada hal yang sangat mendesak, upayakan agar tidak mengubah keputusan itu. Jika Anda diminta datang Rabu, jangan coba-coba mengubahnya menjadi hari Kamis atau hari lainnya.

5. Kirimkan Ucapan Terima KasihSalah satu cara positif agar Anda terus diingat pewawancara, mengirimkan ucapan terima kasih melalui surel atau pesan singkat dalam waktu 24 jam setelah wawancara. Selain memberikan kesan sopan dan profesional, akan membantu pewawancara mengingat kembali sosok Anda.

6. Tanyakan Hasil WawancaraFord R Myers, pembimbing karier dan penulis buku Get the Job You Want, Even When No One's Hiring, merekomendasikan Anda mengirimkan surat kepada pihak personalia untuk menanyakan bagaimana hasil wawancara kerja yang telah Anda jalani. Tentunya, surat ini bukan ucapan terima kasih yang harus segera Anda kirim. Beri waktu jeda paling tidak dua minggu setelah wawancara untuk menanyakan hal ini.

7. Tetaplah Memikirkan dan Mempelajari PerusahaanJika belum ada kepastian apakah wawancara kerja Anda di sebuah perusahaan berhasil atau tidak, jangan sekali-kali melupakan dan mengabaikan perusahaan itu. Teruslah mempersiapkan diri untuk wawancara lanjutan bahkan keputusan akhir wawancara. Siapa tahu Anda diterima dan langsung diminta membuktikan semua perkataan Anda selama wawancara kerja, Anda tak akan mengecewakan.

8. Gunakan Kekuatan KoneksiMungkin Anda memiliki koneksi dengan seseorang di perusahaan yang Anda lamar, ini bisa menjadi saat yang tepat memanfaatkan jaringan pertemanan itu. "Jika Anda memiliki kontak dan koneksi dengan seseorang yang mungkin berpengaruh dalam pengambilan keputusan rekrutmen karyawan, mintalah rekomendasi baik darinya," bilang Myers.

9. Jaga SemangatMungkin perusahaan butuh waktu lama untuk mengambil keputusan. Sayangnya, saking lamanya menunggu keputusan, Anda malah kehilangan antusiasme dan semangat bekerja di perusahaan itu. Sebaiknya hal ini tidak terjadi bila Anda sungguh berminat menjadi pegawai baru di perusahaan yang Anda lamar. Tunjukkan semangat yang sama seperti ketika Anda melamar dan menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja.

10. Terimalah Keputusan Buruk (Sekalipun) dengan Tetap PositifBersiaplah untuk segala kemungkinan. Jangan surutkan semangat ketika mendapat kabar baik dan jangan beranggapan dunia berakhir jika Anda ditolak. "Jika Anda ditolak, hal pertama yang harus Anda lakukan, ironisnya, tetap mengirimkan ucapan terima kasih," kata Myers. "Hal ini akan membantu membedakan Anda dengan kandidat ditolak lainnya dan mencerminkan perilaku positif Anda."

(riz/ade)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

Berita Kebugaran Lain

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Pergi subuh pulang malam, sudah menjadi rutinitas masyarakat urban. Tapi, kesibukan beraktivitas tak menghalangi sebagian masyarakat untuk tetap bisa menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolahraga. Tak heran bila kini nge...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Saat bercinta dengan pasangan, tiba-tiba istri mengeluarkan air seni bersamaan dengan datangnya orgasme.Mengapa ya hal ini bisa terjadi? Apakah itu normal? Berikut jawaban dari Dr. Febriansyah Darus, SpOG.Saat wanita men...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Menurut Lisa Shives, M.D, seorang sleep specialist, saat Anda tidak bisa tidur, "your mind always turning on itself."Agar pikiran tak terus-menerus teraktivitasi di malam hari, coba jawab 12 pertanyaan berikut ini.7. Kap...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasanya tak ada yang lebih menyebalkan daripada rencana yang buyar lantaran hal sepele.Besok, Anda ingin tampil maksimal saat meeting, makanya Anda telah memersiakan segala detail materi rapat, memilih work clothes yang ...

  • Photo

    (C)www.ghiboo.comGhiboo.com - Rasa lelah pasti akan dirasakan saat kita melakukan sebuah pekerjaan yang menyita pikiran dan tenaga. Jika Anda masih merasa selalu lelah dan merasa kondisi ini agak tidak normal, sebaiknya mulai waspada.Kami sarankan un...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft