MomMeWorld Panduan Masak News Feed
Updated: Fri, 02 Aug 2013 14:00:09 GMT | By MomMeWorld Panduan Masak News Feed

Resep Donat Rumahan



Resep Donat Rumahan

Siapa sih yang tidak suka dengan cemilan yang satu ini? Bulat, tebal, dan berlubang di tengahnya, dengan bermacam-macam topping yang bikin ngiler tentunya tidak hanya disukai oleh anak-anak saja, tetapi juga oleh Moms sendiri.

Sudah banyak sekali gerai donat baik lokal maupun franchise dari luar negeri yang tersedia di Indonesia. Kapan pun Moms sekeluarga ingin makan donat, Moms cukup dengan mendatangi salah satu kedai donat terdekat. Namun, donat hangat yang baru saja selesai dimasak tentunya lebih membangkitkan selera dan terjamin kebersihannya. Kali ini, Mommeworld akan sharing tentang cara membuat donat berukuran mini yang mudah dan enak. Yuk, persiapkan bahan-bahan dan alat masak Moms untuk membuat homemade donat yang enak.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus ragi kering
  • 2 sendok makan air hangat
  • 3 Å' cangkir tepung terigu, jika ingin, Moms bisa menggunakan tepung yang berbahan dasar gandum
  • 1 cangkir susu dengan suhu ruangan
  • 2 hingga 4 sendok makan margarin
  • 1 buah telur
  • 2 sendok makan gula
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng
  • Gula bubuk secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Persiapkan satu buah mangkok besar dan campurkan ragi serta air dan aduk hingga tercampur lalu diamkan selama 5 menit hingga berbusa. Jika campuran air dan ragi tidak berbusa, maka ragi tersebut harus diganti dengan ragi baru yang aktif untuk memaksimalkan adonan donat.
  2. Tambahkan tepung, susu, margarin, telur, gula, dan garam, aduk hingga terbentuk adonan yang lengket dan lembut. Aduk selama satu hingga dua menit, lalu tutupi dan diamkan selama satu jam.
  3. Setelah mendiamkannya selama satu jam, balik adonan dan letakkan pada permukaan yang sudah ditaburi tepung, dan tepuk-tepuk adonan menggunakan tangan yang sudah dilumuri tepung hingga ketebalannya menjadi Å" inci.
  4. Cetak adonan menggunakan pinggiran gelas sebanyak mungkin, lubangi di bagian tengah menggunakan jari-jari Moms dan tarik sedikit untuk menyisakan tempat karena donat akan mengembang ketika digoreng. Agar maksimal, Moms dapat mendiamkannya dan menutupinya dengan kain lagi selama 20 hingga 30 menit agar mengembang sempurna dan membuat donat menjadi lebih ringan.
  5. Panaskan minyak sedalam 2 inci di wajan, hingga minyak panas secara maksimal tapi tidak sampai berasap. Biasanya, minyak akan mengeluarkan buih-buih jika sudah mencapai suhu yang cukup panas untuk memasak donat. Jangan menggoreng donat pada minyak yang tidak cukup panas karena adonan donat akan lama matang hingga menyerap terlalu banyak minyak.
  6. Dalam menggoreng donat, gorenglah dua buah donat sekaligus dan bolak-baliklah donat dengan sendok kayu hingga adonan mengembang dan berwarna kecokelatan selama kira-kira dua menit. Tiriskan donat yang sudah matang ke alas kertas atau tisu kertas untuk menyerap minyak berlebih, lalu celupkan dalam gula bubuk selagi donat masih hangat.

Bagaimana, Moms? Mudah, bukan? Sajikan donat dengan teh hangat dan selamat menikmati camilan sore bersama si kecil dan keluarga.

0Komentar
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft