MomMeWorld Kehamilan News Feed
Updated: Fri, 22 Mar 2013 23:20:51 GMT | By MomMeWorld Kehamilan News Feed

Pertumbuhan Kuku dan Rambut



Pertumbuhan Kuku dan Rambut

Kuku dan rambut saya sepertinya tumbuh lebih cepat dari sebelumnya. Rambut jadi terlihat lebih bagus. Tapi, di beberapa bagian tubuh yang tidak biasa ada rambut, jadi ada rambut. Apa ini efek kehamilan?

Meskipun sepertinya hormon-hormon kehamilan hanya bekerja sama untuk membuat Moms mengalami keluhan (konstipasi, heartburn, dan mual) selama 9 bulan kehamilan, ternyata mereka sebenarnya juga bertanggung jawab atas kesenangan saat hamil yaitu pertumbuhan kuku dan rambut yang cepat dan sehat. Ternyata, hormon-hormon tersebut memicu sirkulasi dan proses metabolisme yang menutrisi sel-sel rambut dan kuku sehingga rambut dan kuku terlihat lebih sehat dan indah.

Rambut

Ada sisi positif tentu ada sisi negatifnya. Kerja hormon-hormon tersebut menyebabkan rambut tumbuh pada tempat-tempat yang Moms tidak mengira akan ditumbuhi rambut, misalnya area wajah (bibir, dagu dan pipi). Area lengan, tungkai kaki, dada, punggung, dan perut juga kemungkinan ditumbuhi rambut. Untuk menghilangkan rambut-rambut yang tidak diinginkan tersebut, Moms bisa pergi ke salon untuk waxing. Metode waxing aman diaplikasikan saat Moms sedang hamil. Karena saat hamil kulit sangat senstif, Moms bisa beritahu praktisi di salon bahwa Moms sedang hamil agar mereka bisa melakukannya secara lebih berhati-hati.

Kuku

Untuk pertumbuhan kuku, meskipun kuku Moms tumbuh cepat, namun kuku Moms bisa saja kering dan rapuh. Untuk merawatnya, Moms bisa melakukan manicure dan pedicure di rumah ataupun di salon. Pastikan Moms berada di tempat dengan ventilasi yang baik saat praktisi salon mengaplikasikan cat kuku agar baunya tidak terhirup. Pastikan pula praktisi tidak memijat pergelangan kaki dan tumit karena dapat memicu kontraksi.

Pertumbuhan rambut dan kuku yang cepat hanya berlangsung saat hamil. Nah, Setelah melahirkan pertumbuhan rambut akan kembali seperti semula. Kerontokan rambut harian akan terjadi lagi. Begitu pula dengan pertumbuhan kuku, akan melambat seperti biasanya. Tentu saja kuku yang tidak cepat tumbuh akan lebih nyaman untuk Moms apa lagi jika hari-hari diisi dengan merawat si buah hati.

0Komentar
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft